Wisata Unik: Jalan-jalan ke Dusun Teletubbies

Dusun Teletubbies, begitu nama sebuah dusun di Ngelepen, Prambanan, ini dikenal. Unik memang kedengarannya, tapi lebih unik lagi jika Anda melihat langung keadaan di Dusun Teletubbies itu.

Lokasi Dusun Teletubbies tidak seberapa jauh dari Istana Ratu Boko, persisnya di Dusun Ngapelen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Akses menuju dusun ini bisa melalui jalan raya Prambanan-Piyungan, atau bisa juga terhubung langsung dari kompleks Istana Ratu Boko. Pada sisi kiri jalan, tersedia petunjuk arah jalan yang akan memudahkan pengunjung tiba di lokasi tujuan.

Sejarah Munculnya Nama Dusun Teletubbies

Dusun Teletubbies merupakan ‘reinkarnasi’ dari Dusun Sengir di Ngelepen yang porak-poranda akibat bencana alam gempa bumi yang mengguncang Yogyakarta pada 27 Mei 2006 silam. Dari sekian banyak desa yang mengalami kerusakan, dusun Sengir-lah yang terparah. Dusun Sengir mengalami kerusakan total hampir 100%. Tanahnya ambruk hingga kedalaman enam meter lebih. Sebagian besar bangunan roboh, rata dengan tanah. Penduduk dievakuasi ke tempat lain yang lebih aman.

Melihat kondisi Dusun Sengir pasca gempa sangat memprihatinkan dan tidak layak huni, pemerintah bekerjasama dengan World Association of Non-Governmental Organitation (WANGO), menggandeng The Domes for the World Foundation (DFTW), berinisiatig merelokasi sebuah perkampungan baru untuk penduduk Dusun Sengir. Program pembangunan tersebut kemudian dikenal dengan nama “New Ngelepen”.

Pada dasarnya, sifat tanah di kawasan Ngelepen sangat labil dan rawan gempa. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembangunan rumah-rumah yang lebih kokoh. Sehingga saat terjadi gempa dan badai rumah tidak mudah roboh. Maka dari itu, dibangunlah pemukiman warga dalam bentuk rumah-rumah kubah (dome), mirip rumah-rumah yang kita lihat dalam film Teletubbies.

Proyek New Ngepelen berjalan selama 1 tahun dan baru pertama kali di Indonesia. Pada lahan seluas 2,6 hektare, berdiri 71 rumah dome, 6 MCK, 1 masjid, 1 klinik kesehatan, dan 1 balai pertemuan warga

Serba Seragam

Pada awal dibangun, New Ngelepen yang diubah namanya oleh penduduk setempat menjadi dusun Teletubbies, tampak seragam dan rapi. Semua rumahnya bercat putih. Pada halamannya yang tidak seberapa luas, ditanami cemara dan palm. Semua itu menumbuhkan citra bahwa dusun ini merupakan dusun modern.

Akan tetapi, lambat laun keseragaman itu mulai berkurang. Cat rumahnya tidak lagi memakai warna putih. Ada yang berwarna biru, kuning, dan sebagainya. Karakter penduduk yang sebagian besar suka bercocok tanam, tidak bisa melihat lahan kosong walau sedikit.  Mereka menanaminya dengan jagung, pisang, jambu, singkong, mangga dan sebagainya. Sehingga dusun Teletubbies tampak lebih sempit daripada saat awal dibangun. Meski demikian, penduduk mengaku sangat senang tinggal di sini. Paling tidak, mereka tidak perlu was-was lagi jika terjadi gempa.

Kegiatan Wisata Desa Teletubbies

Berkunjung ke Dusun Teletubbies bukan hanya sekadar melihat-lihat tampilan perkampungan ini atau melongok ke dalam rumah penduduk saja. Di sini, pengunjung dapat memilih kegiatan-kegiatan yang disukai, seperti outbound, latihan membuat cinderamata yang diajarkan oleh penduduk setempat, mengikuti proses pembuatan brownies, tracking ke pertenakan belut dan Belik Wunut, dan menyaksikan film documenter gempa Yogyakarta.

Jika lelah menyusuri perkampungan dengan berjalan kaki, pengunjung bisa menyewa kereta kelinci. Bahkan kalau ingin menginap, Dusun Teletubbies menyediakan home stay yang bentuknya sama dengan rumah penduduk. Tarif per malamnya sekitar 140 ribu/orang, sudah termasuk makan 2x, welcome drink, dan pemandu wisata selama berada di sana.

Yang penasaran dengan keunikan Dusun Teletubbies dan ingin mendengar langsung kesaksian penduduk setempat saat gempa dahsyat menimpa, serta belajar banyak tentang gempa, silakan berkunjung langsung ke Dusun Teletubbies. Nikmati wisata unik dengan sensasi menyenangkan yang belum tentu bisa Anda temukan di tempat lain.

Pemilik Foto : http://jogja.semberani.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP