Wisata Kuliner Gado-Gado (Javanese Salad/Salad Jawa)

Indonesia memang sangat kaya akan ragam kebudayaan, tradisi dan juga jutaan resep makanan khas Indonesia. Ya, dengan beragam suku yang ada, membuat Indonesia memiliki jumlah resep makan yang tidak terhitung. Salah satu makanan yang menjadi wisata kuliner bagi wisatawan termasuk wisatawan asing adalah gado-gado. Tentunya, nama makanan ini sudah tidak asing di telinga kita bahkan kita juga pernah memakannya. Rasanya yang enak dan juga sehat karena bahan-bahannya memang sehat dan alami.

Wisata Kuliner Gado-Gado

Makanan khas Indonesia ini memang sudah menjadi pembicaraan para wisatawan asing. Tidak mengherankan jika mereka, baik yang memang sengaja berburu kuliner di Indonesia atau hanya bermaksud mengunjungi tempat wisata yang menakjubkan, akan menyempatkan diri untuk mencoba makanan khas Indonesia yang satu ini. Gado-Gado memang sangat mudah diterima oleh lidah wisatawan asing karena terbuat dari bahan-bahan yang didominasi oleh sayuran.

Bagi masyarakat Indonesia sendiri, makanan ini juga sangat akrab dengan menu sehari-hari. Tidak sulit untuk menemukan penjual makanan yang menawarkan kuliner dengan rasa yang menggugah ini. Banyak ditemukan penjual gado-gado di pinggir jalan atau rumah makan yang juga menyediakan menu ini. Hal ini dikarenakan hampir seluruh masyarakat Indonesia menyukai rasanya yang enak apalagi bumbunya yang biasanya dengan bumbu kacang yang sangat lembut dan cukup pedas mampu membuat lidah bergoyang.

Biasanya, makanan ini dibuat dari campuran potongan kentang, taoge, jagung, tomat, bayam, selada, wortel dan beberapa tambahan lain seperti potongan lontong, tempe, telur dan tahu juga kerupuk sebagai topping-nya. Sebelum remasan atau remukkan kerupuk ditaburkan, semua campuran bahan-bahan tadi akan disiram dengan bumbu kacang dengan rasa pedas yang berbeda-beda. Setelah itu, kerupuk akan ditaburkan di atasnya sebagai topping. Rasa kriuk dari kerupuk ini memang membuat kesan tersendiri.

Karena banyaknya jumlah sayuran yang ada di Gado-Gado ini, membuat wisatawan asing sering menyebut makanan ini dengan sebutan Javanese Salad atau Salad Jawa. Bagi warga asing, campuran berbagai sayur yang sering mereka makan disebut dengan salad. Inilah yang membuat kuliner khas Indonesia ini disebut dengan kata salad oleh mereka. Oleh karena makanan ini khas Indonesia, kemudian ditambahkan kata Jawa atau Javanese.

Tentunya, penyebutan nama Javanese Salad itu sendiri membuat makanan yang satu ini semakin tenar di telinga wisatawan asing. Jadi, ketika mereka makan kuliner ini, mereka tidak asing lagi karena sayur-sayuran di dalamnya mereka juga sering memakannya dalam menu salad mereka. Bisa jadi, yang membuat berbeda adalah bumbu kacangnya yang disiramkan di atasnya. Tentunya, selain itu semua karena makanan ini adalah makanan khas Indonesia, cita rasanya akan berbeda ketika yang membuat makanan ini adalah orang Indonesia asli.

Kreasi Rasa Gado-Gado Sebagai Warisan Wisata Kuliner

Sebagai makanan khas Indonesia, Gado-Gado memang tidak bisa lepas dari rasa yang khas dengan lidah orang Indonesia. Oleh sebab itu berbagai variasi rasa juga ditambahkan untuk memperkaya ide dan kreasi dari makanan ini. Berbagai ide ini bisa berupa campuran bahan-bahannya bisa juga untuk bumbu yang akan disiramkan di atasnya. Termasuk juga level kepedasan yang bisa ditawarkan dengan beberapa level sesuai dengan apa yang diminta oleh konsumen.

Sebagai contoh, untuk ide dan kreasi dari bahan-bahannya, bisa dicampur dengan hati atau daging ayam yang direbus sebelumnya. Bisa juga dengan daging sapi atau kambing untuk menambah varian rasanya. Jika Anda suka dengan telur puyuh yang lebih kecil, juga tidak ada masalah. Sedangkan untuk variasi bumbu, bisa dengan mayonnaise atau juga lainnya. Kemudian, untuk level kepedasan bumbu ini bisa ditawarkan dari level 1 hingga level 5 dan seterusnya. Begitu juga dengan kerupuknya bisa diganti dengan kerupuk udang atau ikan sehingga rasanya lebih enak lagi.

Anda juga bisa menambahkan berbagai ide dan kreasi sendiri. Selama nama makanan ini adalah Gado-Gado yang sering diartikan dengan arti kata ‘campur’ karena memang isinya bercampurnya berbagai bahan makanan dari mulai sayur, telur, lontong, kerupuk bahkan gorengan, membuat Anda semakin bebas untuk menambahkan bahan lain yang Anda sukai termasuk menambah jenis sayur lainnya seperti menambahkan kubis atau kol, pare, mentimun dan sayuran lain yang Anda suka.

Semua sayur akan direbus terlebih dahulu kemudian setelah layu dipotong-potong. Campurkan potongan lontong, gorengan seperti tahu dan tempe dan juga telur. Setelah itu, siramkan bumbu kacang atau mayonnaise di atasnya. Tambahkan kerupuk di atasnya. Maka menu makanan khas Indonesia ini siap disajikan. Begitu mudah dan cepat jika semua bahan-bahannya sudah disiapkan terlebih dahulu. Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Yang cukup sulit adalah membuat bumbu kacangnya.

Untuk membuat bumbu kacangnya, memang dibutuhkan campuran yang pas. Tentu saja, bumbu kacang ini terbuat dari bumbu rempah khas Indonesia. Ada berbagai resep serta cara untuk membuat bumbu kacang ini. Pastikan Anda akan membuat bumbu kacang yang enak sehingga akan membuat salah satu wisata kuliner Indonesia ini akan semakin diminati oleh anggota keluarga lain. Untuk anak-anak, bumbu kacang bisa dibuat agak manis dengan menambahkan gula jawa atau gula merah lebih banyak lagi.

Pemilik Foto: http://blog.8share.com/id/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP