Wisata Kota yang Memuaskan di Bukittinggi

Siapa sih yang belum pernah dengar nama Bukittinggi? Kota terbesar kedua di Provinsi Sumatra Barat ini telah sejak lama menjadi aikon pariwisata dan budaya bagi provinsi tersebut. Butuh waktu hingga berhari-hari untuk menjelajah wisata kota di Bukittinggi. Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, hingga wisata edukasi dan sejarah semuanya terdapat lengkap di kota sejuk yang dikelilingi bukit hijau nan indah ini.

Nah, mau tahu destinasi apa saja yang wajib dikunjungi ketika berwisata di Bukittinggi, berikut ini rekomendasinya.

Jam Gadang

Melancong ke Bukittinggi belum afdol rasanya jika Anda tidak menyempatkan singgah dan mengabadikan momen di Jam Gadang. Menara dengan jam besar setinggi 26 meter ini merupakan aikon kota Bukittinggi yang terkenal di seluruh penjuru nusantara. Sejak didirikan pada tahun 1926, kubah yang terdapat di puncak Jam Gadang telah berubah sebanyak tiga kali. Hingga saat Indonesia merdeka barulah kubah ini menjadi berbentuk gonjong khas Minang seperti yang sering kita lihat sekarang.

Nasi Kapau dan Wisata Kuliner Malam Bukittinggi

Berada di Bukittinggi akan terasa tidak lengkap jika tidak menjelajah kulinernya. Selain terkenal dengan beragam sajian yang lezat, makanan Padang terutama yang khas berasal dari Bukittinggi pastinya bersahabat di lidah dan bikin ketagihan. Misalnya saja nasi kapau yang menjadi andalan kuliner Bukittinggi. Meskipun sangat banyak kios penjual nasi kapau, namun yang paling terkenal adalah di Pasar Lereng . Jangan bingung memilih yang mana, karena semuanya dijamin memiliki rasa yang lezat.

Selain nasi kapau, ada juga sate Mak Syukur dan gulai itiak lado mudo yang memanjakan lidah. Selain di restoran, Anda juga bisa menikmatinya saat kuliner malam hari di dekat jam gadang. Suasana yang Anda dapat bisa sangat berbeda dengan berkuliner di siang hari lho! Tapi ingat, harus siap makan pedas ketika menyantapnya ya!

Oleh-oleh Khas Bukittinggi

Bukittinggi merupakan surganya belanja bagi Anda yang gemar berwisata belanja. Kurang seru kan, jika berwisata kota di Bukittinggi tanpa membawa oleh-oleh. Mulai dari keripik dan makanan khas yang sudah dikemas hingga pakaian dan pernak-pernik berukir Bukittinggi semuanya lengkap terdapat di pasar atas yang terletak tak jauh dari Jam Gadang. Harganya tentu saja murah meriah asalkan Anda pintar menawar. Tipsnya, kuasai sedikit saja bahasa minang dan barang setengah harga bisa segera Anda dapatkan.

Selain berburu oleh-oleh Anda juga bisa menjambangi Koto Gadang dan Pandai Sikat. Keduanya merupakan desa kecil di Bukittinggi yang menghasilkan kerajinan khasnya masing-masing. Koto Gadang terkenal sebagai penghasil kerajinan perak berkualitas dengan harga yang miring. Sementara Pandai Sikat merupakan penghasil songket serta ukiran kayu khas Minang yang cantik-cantik.

 Janjang Seribu dan Goa Jepang

Janjang seribu sepanjang 1 KM yang memiliki 1000 anak tangga ini sering disebut juga sebagai Great Wall alias tembok Cinanya Sumatra Barat. Di sini terdapat area kemping dan dilengkapi juga dengan parkiran yang luas. Berlokasi di Koto Gadang, objek wisata janjang seribu terletak bersebelahan dengan Goa Jepang, yaitu goa yang dulunya digunakan sebagai penjara, ruang penyiksaan, sekaligus pertahanan tentara Jepang.

Pada masa penjajahan Jepang sekitar tahun 40-an pembangunan Goa sekaligus janjang seribu ini dilakukan secara keji dengan kerja romusha atau paksa. Berhubung goa ini sangat luas dan terdiri dari banyak lorong, Anda juga bisa menyewa pemandu agar tidak tersasar.

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Objek wisata satu ini merupakan kebun binatang terlengkap di Pulau Sumatra, dan satu-satunya yang ada di Sumatra Barat. Di lokasi wisata ini terdapat pula beberapa museum unik yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu museum zoology dan aquarium berbentuk ikan. Selain itu, kebun binatang satu ini juga terletak berdampingan dengan museum Baanjuang dan Benteng Fort De Kock.

Museum Baanjuang

Museum yang dulunya bernama museum Bundo Kanduang ini menyimpan banyak koleksi benda-benda bersejarah dan budaya Ranah Minang. Koleksi yang terdapat di dalamnya cukup unik mulai dari binatang-binatang aneh yang diawetkan hingga kategori etnografi.

Jadi, jika Anda menjambangi Bukittinggi jangan sampai melewatkan aktivitas wisata kota di Bukittinggi yang seru dan mengasyikkan seperti beberapa rekomendasi tujuan wisata di atas ya! Selamat berwisata!

Foto: pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP