Wisata Kota Tidak Terlupakan di Makassar

Kota Makassar yang dulunya dikenal dengan nama Ujung Pandang merupakan salah satu kota di Timur Indonesia yang berkembang cukup pesat. Sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Selatan Kota Makassar memiliki banyak sekali destinasi wisata layak kunjung yang terkelola dengan baik. Di luar Pulau Jawa, Kota Makassar merupakan kota terbesar kedua setelah Medan sehingga bukan hal aneh jika berbagai wisata kota di Makassar sangat diunggulkan sebagai aset daerah.

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu di kota penuh pesona ini.

Kuliner Lezat Khas Makassar

Jangan mengaku pernah bertandang ke Makassar jika belum mencicipi beberapa kuliner unggulan yang menjadi khas Kota ini. Meskipun tampak unik dan tidak bersahabat bagi yang belum pernah mencicipi satu pun makanan Makassar, sebenarnya kuliner kota ini sangatlah lezat dan memanjakan lidah. Sebut saja Coto Makassar, Pisang epe, Roti Maros, Kue Tori, Pisang Ijo dan Palubutung, Jalangkote, Bassang, dan Sop Konro, kesemuanya merupakan santapan kuliner yang mudah ditemukan di berbagai tempat makan di Makassar.

Trans Studio Makassar

Sejak dibuka pertama kali pada tahun 2009 silam, Trans Studio Makassar menjadi aikon destinasi wisata modern di kota ini. Puluhan wahana dan beberapa zona permainan ditambah berbagai fasilitas lengkap yang memanjakan akan membuat Anda dan keluarga betah berlama-lama berada di sini.

Benteng Rotterdam

Objek wisata sejarah yang terletak di tepi pantai barat Kota Makassar tak jauh dari Pantai Losari ini merupakan benteng warisan kerajaan  Gowa. Sebelum digempur Belanda dan berubah nama menjadi Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam, benteng Ujungpandang merupakan markas pertahanan bagi militer kerajaan. Setelahnya, benteng tersebut berubah fungsi menjadi pusat pemerintahan sekaligus penampungan rempah.

Apabila dilihat dari atas, benteng Rotterdam memiliki bentuk yang unik menyerupai penyu yang sedang merangkak kea rah laut. Berdasar sejarahnya, hal ini untuk menggambarkan kekuasaan kerajaan Gowa-Tallo pada masanya yang sempat Berjaya di darat dan juga lautan. Selain itu, di dalam benteng juga terdapat museum La Galigo yang menjadi pusat kebudayaan Sulawesi Selatan dan menyimpan ribuan koleksi etnografi, termasuk koleksi benda kerajaan Gowa-Tallo di masa lampau.

Pusat Belanja dan Benteng Somba Opu

Terletak tak jauh dari Pantai Losari dan Benteng Rotterdam, wisata kota di Makassar lainnya terdapat di Jalan Somba Opu yang selalu ramai didatangi pengunjung. Bukan hanya dijadikan destinasi belanja, di jalan Somba Opu juga terdapat benteng bersejarah yang kokoh. Benteng Somba Opu merupakan markas pertahanan yang kokoh sekaligus dijadikan pusat perdagangan serta pelabuhan aneka rempah Internasional pada masa lalu.

Di dalam benteng tersebut terdapat meriam Baluwara Agung dan museum berisi benda bersejarah peninggalan kerajaan Gowa. Kini juga telah dibangun untuk beragam rumah adat yang masih tradisional beragam suku bangsa di Sulawesi Selatan untuk menggambarkan filosofi budaya masing-masing suku. Selain itu juga terdapat waterboom dan taman satwa Gowa Discovery Park untuk dinikmati bersama keluarga.

Jika setelah mengunjungi benteng Anda ingin berbelanja, di jalan ini terdapat pusat oleh-oleh khas Kota Makassar yang sayang sekali jika dilewatkan. Mulai dari oleh-oleh berupa barang kerajinan seperti aksesoris emas dan perak, makanan khas dalam kemasan, hingga yang populer seperti minyak gosok cap tawon serta miniature kapal phinisi dalam botol semuanya terdapat lengkap di sini dengan harga yang sangat miring.

Taman Nasional Bantimurung

Taman nasional yang berlokasi di Kabupaten Maros atau sekitar 2 jam dari pusat kota Makassar ini merupakan wilayah luas sebesar puluhan ribuan hektar yang terdiri dari perbukitan kapur, gua dan juga air terjun. Taman cantik ini pertama kali ditemukan oleh ahli botani Inggris bernama Alfred Wallace karena begitu banyaknya spesies kupu-kupu.

Hingga sekarang, Taman Nasional Bantimurung merupakan tujuan wisata kota di Makassar yang menjadikan kupu-kupu sebagai maskot pariwisatanya. Hal ini dapat terlihat dari berdirinya sebuah patung kupu-kupu raksasa yang akan menyambut pengunjung tepat di gerbang masuk Taman Nasional Bantimurung.

Di sini Anda bisa mengajak keluarga berwisata fauna sekaligus edukasi dengan melihat ratusan jenis kupu-kupu dan beragam koleksi kupu-kupu yang telah diawetkan. Hiburan lainnya, di sini terdapat juga beberapa permainan seperti flying fox, berenang di kolam dan juga bermain di bawah air terjun serta menjelajahi gua.

Nah, tidak sabar untuk segela menjelajah Kota Makassar dan menikmati daya tarik wisatanya bukan? Jangan lupa mengunjungi beberapa tempat di atas! Selamat berwisata!

Foto: hasanudin airport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP