Wisata Kota Terbaik di Bandung

Bandung merupakan ibukota Provinsi Jawa Barat sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Sebagai kota yang maju, Bandung pun memiliki berbagai aset besar terutama di bidang pariwisata. Bukan hanya keindahan panorama alam ditambah udara sejuk yang menjadi daya tarik kota mojang satu ini, melainkan juga ragam kekayaan wisata lainnya. Nah, jika Anda berminat menikmati wisata kota di Bandung, berikut ini beberapa rekomendasi pilihan wisata beserta tempat-tempat menarik di dalamnya yang wajib dikunjungi:

Wisata Belanja

Bagi Anda yang gemar berbelanja, Bandung merupakan tempat yang tepat untuk memanjakan seluruh kebutuhan Anda. Mulai dari pakaian, bahan pakaian, sepatu hingga barang elektronik, semuanya lengkap tersedia di Kota Kembang ini. Untuk pakaian, kota Bandung telah dikenal sebagai pelopor kemunculan beragam distro dan factory outlet yang berderet di hampir seluruh ruas jalan besar Bandung. Belum lagi Pasar Baru Bandung  yang ramai diburu pengunjung nusantara.

Ada juga Pasar Tamim dan sentra binong yang menyediakan macam bahan pakaian. Untuk sepatu, Bandung memiliki sentra sepatu Cibaduyut. Sementara itu, barang elektronik berkualitas dengan harga miring bisa Anda temukan di BEC, bahkan hingga merambah kaki lima semisal di Pasar Tegalega.

Wahana Bermain Anak

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, wahana bermain anak pastinya menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tenang saja, Bandung memiliki berbagai wahana permainan dengan tujuan wisata yang beragam pula. Beberapa pilihan favorit di antaranya Kampung Gajah Wonderland yang memiliki wahana permainan terlengkap dan terletak di Lembang.

Pilihan lainnya yang tidak kalah menarik adalah wahana permainan super besar di Trans Studio Bandung yang terletak di pusat kota, yaitu jalan Gatot Subroto. Selain itu, ada juga versi “merakyat” Trans Studio yang tidak kalah mengasyikkan yaitu Bandung Carnival Land beralamat di Karang Setra.

Nah, bagi Anda yang ingin membawa si kecil berenang, ada Tectona Waterpark di Kampung Batu Malakasari. Ada juga Ciwidey Valley Waterpark Resort untuk berenang air panas sambil menikmati kandang burung raksasa, dan Karang Setra Waterpark yang tidak kalah seru dengan di Kampung Gajah.

Taman Kota

Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki strategi tata kota yang baik. Oleh karena itu bukan hal aneh jika wisata kota di Bandung unggul dengan banyaknya ragam taman kota yang cantik, unik, dan terawat dengan baik. Misalnya saja Taman Harapan atau Park Hopping yang tampak asri karena ribuan jenis bunga yang ditanam di sini. Selain itu, ada juga Taman Lalu Lintas, Taman Pasupati, Taman Fotografi, Taman Persib, dan juga Taman Kota Babakan Siliwangi.

Wisata Keterampilan dan Kesenian

Bukan hanya untuk orang dewasa, anak kecil pun bisa mulai diperkenalkan mencintai keterampilan dan kesenian sejak dini. Beberapa tempat yang direkomendasikan di antaranya adalah Kampung Dago Pojok. Di sini Anda bisa mengikuti workshop pembuatan wayang, berbagai hasta karya seperti membuat kerajinan tangan, kue tradisional, dan instrumen bambu. Anda juga bisa menikmati ragam kesenian khas Sunda seperti tari jaipong dan kuda Lumping disertai pengenalan alat music tradisional degung, angklung, dan suling di Saung Udjo, Padasuka, Bandung.

Pilihan lainnya, Anda bisa belajar membatik sekaligus melestarikannya di Rumah Batik Komar yang terletak di jalan Sumbawa. Begitu pula dengan keterampilan membentuk tanah liat, menjahit, memasak, dan menghias gelas di Crayon’s Craft&Co di jalan Aceh. Atau belajar membuat layangan unik sekaligus memainkannya di Toko Akiat yang terletak di Gang Sereh, jalan Astana Anyar.

Wisata Fauna

Selain Kebun Binatang yang terletak tidak jauh dari ITB, Bandung juga memiliki wisata fauna lainnya. Bukan sekadar melihat-lihat, Anda bisa ikut berinteraksi langsung dengan jenis fauna di dalamnya. Beberapa rekonmendasi wisata fauna yang sangat cocok dijadikan destinasi bersama si kecil juga di antaranya yaitu menyusui hewan dengan botol di mini zoo yang terletak di atap PVJ, belajar beternak dan bertani di Jendela Alam Farm Lembang, memberi makan hewan dengan suasana pertanian ala Eropa di the Farm House Lembang, atau menikmati suasana koboi sambil bercengkrama dengan kuda di de’Ranch, serta memahami dunia dan segala jenis kupu-kupu di Taman Kupu Cihanjuang.

Jadi, tunggu apa lagi untuk segera berwisata kota di Bandung bersama seluruh keluarga? Selamat berwisata!

Foto: Pusjatan PU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP