Wisata Honeymoon di Pulo Cinta Gorontalo

Indonesia memiliki ratusan pulau-pulau kecil. Dahulu, pulau-pulau tersebut banyak yang belum bernama, tidak berpenghuni, dan kurang terperhatikan. Karena itu, pulau-pulau kecil milik Indonesia rentan diserobot oleh negara-negara tetangga yang posisinya sangat berdekatan dengan Indonesia. Setidaknya itu yang pernah terjadi pada Pulau Sipadan dan Ligitan yang kini berpindah kepemilikan ke tangan Malaysia. Mahkamah Internasional memenangkan Malaysia dalam kasus ini karena Malaysia dianggap lebih mampu mengelola dan mengembangkan kedua pulau itu.

Berdasarkan pengalaman-pengalaman pahit itu dan seiring berjalannya waktu, satu per satu pulau-pulau kecil di Indonesia mulai dikelola dengan baik oleh pemerintah dan masyarakat setempat. Salah satunya adalah  Pulo Cinta.

Pulo Cinta terletak di kawasan wisata Pantai Balihutuo, Gorontalo, tepatnya di Kecamatan Talimuta, Kabupaten Boalemo. Pulau ini aslinya sudah cukup lama dikelola, tapi baru resmi menjadi objek wisata umum pada 31 Januari 2016, bertepatan dengan Festival Sail Tomini Gorontola. Tak ayal, kehadiran destinasi wisata baru ini makin menumbuhkan semangat optimisme bangsa Indonesia menghadapi perdagangan bebas ASEAN (MEA).

Seluk Beluk Pulo Cinta

Pulo Cinta? Sebuah nama yang unik dan mengundang rasa penasaran. Dinamakan Pulo Cinta karena bila dilihat dari satelit, pulau ini berbentuk seperti hati. Selain itu, dasar pemberian nama Pulo Cinta dikaitkan dengan legenda yang pernah terjadi di pulau ini. Konon, dahulu tempat ini dijadikan lokasi pertemuan antara pangeran Gorontalo dengan seorang puteri saudagar dari negeri Belanda, yang tengah menjalin cinta rahasia. Didukung dengan keindahan alam yang memadai,eksotisme dan romantisme dari pulau ini memang terasa begitu kental. Karena itu, pengunjung yang datang lebih banyak mereka yang berstatus pengantin baru dan sengaja ingin ber-honeymoon di pulau.

pulaucinta-2

Fasilitas Pulo Cinta

Meski terbilang objek wisata baru, namun pengelola sangat serius dalam urusan mengelola Pulo Cinta. Hal itu ditandai dengan ketersediaan fasilitas yang cukup lengkap dan memudahkan pengunjung.

Pulo Cinta menyediakan 15 cottage yang berdiri di tengah pantai yang terhubung dengang jembatan kayu di bibir pantai. Sebagian besar material cottage terbuat dari kayu yang tahan air. Bila diperhatikan secara seksama, konsep bangunannya sedikit meniru rumah adat Gorontalo.

Tiap-tiap cottage tidak dilengkapi dengan pendingin udara (AC), tetapi karena cottage memiliki desain sirkulasi udara yang tepat, maka di siang terik pun berada di dalam cottage tetap terasa sejuk. Sedangkan di malam hari, material kayu berfungsi untuk menghangatkan.

Aktivitas yang Ditawarkan

  1. Snorkeling dan Diving

Dua aktivitas ini memang mainstream untuk jenis wisata pulau. Namun, yang perlu digarisbawahi di Pulo Cinta tidak perlu menyelam terlalu dalam untuk melihat keindahan alam bawah laut. Hanya diperlukan  2-3 meter saja untuk bisa melihat gerombolan ikan warna-warni, terumbu karang, dan aneka biota laut lainnya.

  1. Hopping Island

Di sekitar Pulo Cinta terdapat pulau-pulau kecil yang menyuguhkan pemandangan tak kalah indah. Pengunjung akan diajak mengarungi pantai dengan perahu, lalu singgah ke pulau Gulf of Mini, Pulau Lito Mohupombo, Pulau Bajo, dan sebagainya.

  1. Jelajah Hutan Boalemo

Di seberang Pulo Cinta terdapat hutan pesisir. Bersama pemandu wisata, pengunjung akan diajak ke sana untuk melihat-lihat isi hutan dan mengelilingi perkampungan kecil yang penduduknya ramah-ramah. Kalau beruntung, pengunjung akan ditawari makan siang dan dibawakan buah tangan oleh mereka.

Biaya yang Dibutuhkan

Budget transportasi yang dibutuhkan untuk bisa sampai ke Gorontalo tentu disesuaikan dengan lokasi asal. Silakan cari info harga tiket dari berbagai maskapai penerbangan menuju Gorontalo, melalui travel agent di kota Anda.

Untuk tarif penginapan, variasi tingkat harga dimulai dari 3,5 juta/malam sampai dengan 15 juta/malam. Cottage bisa ditempati untuk 2-6 orang. Ada tambahan 1 juta bagi pengunjung yang membawa kamera (selain kamera ponsel).

Demikian gambaran wisata Pulo Cinta yang dapat kami paparkan. Untuk apa jauh-jauh honeymoon ke luar negeri, jika di Indonesia tidak kalah menyenangkan?

Pemilik Foto 1 : boalemokab.go.id

Pemilik Foto 2 : sukagitu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP