Tempat Wisata Terkenal di Aceh

Aceh yang dikenal dengan julukan Serambi Mekah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang lokasinya berada di bagian paling barat.

Sejak dahulu Aceh dikenal sebagi tempat penyebaran agama Islam di Asia Tenggara yang di mulai sejak abad ke-17. Hingga saat ini, Aceh adalah provinsi di Indonesia yang paling menjunjung tinggi nilai agama Islam.

Provinsi Aceh terdiri atas 119 pulau, disana terdapat dua danau dan 73 sungai. Seperti beberapa provinsi lain di Indonesia, Aceh juga memiliki beberapa tempat wisata populer.

Pulau Weh misalnya, ini adalah salah satu tujuan liburan untuk menikmati wisata pantai, dan disana terdapat beberapa spots menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut.

Lain lagi dengan daerah Lhoknga, ini adalah tujuan wisata yang lokasinya tidak jauh dari Aceh. Disana terdapat pantai yang memiliki gelombang cukup besar sehingga difavoritkan sebagai destinasi wisata oleh para surfer.

Cara mengakses Aceh

Mengakses Provinsi Aceh bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi udara dari beberapa bandara primer seperti Bandara Soekarno-hatta di Jakarta. Selain langsung terbang ke Aceh, Anda juga bisa terbang menuju Medan terlebih dahulu sebelum kemudian melanjutkan perjalanan menuju ke Banda Aceh dengan menggunakan bus.

Tarif bus dari Medan ke Aceh berkisar antara Rp150.000 hingga Rp200.000 atau lebih. Harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah. Biasanya, perjalanan dari Medan ke Banda Aceh memakan waktu kurang lebih 10-14 jam.

Penginapan di Aceh

Di Aceh ada banyak akomodasi menarik berupa hotel, guest house, atau villa yang berada di pusat kota, atau di beberapa wilayah dekat pantai yang populer di jadikan sebagai tujuan wisata. Seperti daerah Lampuuk dan Lhoknga contohnya.

Tempat wisata terkenal di Aceh

Air terjun Blang Kolam

Tempat wisata terkenal yang pertama di Aceh adalah Air Terjun Blang kolam yang lokasinya berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara. Dari Lhokseumawe ke Desa Sidomulyo ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Air terjun Blang Kolam memiliki air yang jernih dan bersih sehingga banyak wisatawan yang datang ke tempat ini sengaja meluangkan waktu untuk mandi sambil menikmati keindahan alam di sekitarnya.

Air terjun yang memiliki ketinggian 75 meter ini sebenarnya memiliki dua arus sehingga banyak wisatawan yang menjuluki air terjun ini dengan julukan Air Terjun Kembar.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun Blang Kolam, wisatawan terlebih dahulu harus membayar tiket masuk sebesar Rp2.500.

Pantai Lampuuk

Destinasi wisata populer di Aceh berupa pantai, salah satunya adalah Pantai Lampuuk yang keindahannya sudah sangat kesohor. Pantai yang membentang sepanjang 5 km ini memiliki pasir berwarna putih dan memiliki air laut yang cukup jernih, serta gelombang yang tidak terlalu besar di bagian pinggir.

Pemandangan di sekitar juga sangat menarik dengan bukit-bukit Karang serta pepohonan.

Di sekitar Pantai Lampuuk, wisatawan bisa dengan mudah menemukan berbagai akomodasi seperti hotel atau berbagai jenis penginapan lainnya, termasuk rumah makan dan restoran.

Pantai ini sering dijadikan sebagai tujuan wisata oleh para peselancar lokal maupun yang berasal dari luar negeri.

Ada banyak wahana permainan yang bisa kita nikmati saat berkunjung ke pantai ini, diantaranya adalah wahana permainan banana boat dan jetski.

Pantai Lhoknga

Pantai Lhoknga merupakan salah satu pantai yang lokasinya paling dekat dari Banda Aceh, hanya berjarak sekitar 20 Km saja. Pantai ini adalah destinasi wisata utama para peselancar karena memiliki ombak yang lumayan besar mencapai 1,5 meter hingga 2 meter.

Pantai Lhoknga juga dikenal sebagai salah satu tempat di mana wisatawan bisa menikmati keindahan sunset.

Kuala Merisi

Di desa Ketapang, terdapat sebuah pantai dengan pemandangan indah yang di sebut Kuala Merisi. Pantai yang masih berada di Kecamatan Krueng Sabee tersebut memiliki ombak yang lumayan besar dan cocok dijadikan sebagai tempat berselancar.

Museum Tsunami

Musibah tsunami yang sempat melanda Provinsi Aceh pada tahun 2004 lalu kini diabadikan didalam sebuah museum yang bernama Museum Tsunami.

Jika berkunjung ke Aceh, jangan lewatkan untuk mampir ke Museum Tsunami yang berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda tersebut. Karena ada banyak hal menarik yang bisa Anda temukan di sana. Selain berbagai cerita dan foto serta dokumentasi mengenai tsunami Aceh pada tahun 2004, ada banyak pelajaran yang bisa kita petik saat berkunjung ke Museum ini.

Masjid Raya Baiturrahman

Masjid yang megah dan indah ini adalah destinasi wisata religi terkenal di Aceh. Masjid Baiturrahman merupakan satu dari 10 masjid terindah di Indonesia. Masjid ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 dan hingga saat ini masih kokoh berdiri.

Arsitektur bangunan masjid tampak sangat menarik dengan kubah berwarna hitam yang dikelilingi tujuh menara. Di halaman masjid terdapat kolam yang dilengkapi pancuran, terlihat sangat mirip dengan apa yang ada di Taj Mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP