Spot Wisata Paling Menarik di Danau Toba dan Sekitarnya

Di Sumatra Utara, Danau Toba adalah objek wisata yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia dan sering dijadikan sebagai tujuan berlibur. Namun tidak hanya terkenal dikalangan masyarakat Indonesia, melainkan wisatawan asing juga banyak yang mengidolakan Danau Toba sebagai destinasi wisata.

Danau Toba adalah danau vulkanik terbesar yang ada di Indonesia. Yang unik dan menarik, di tengah-tengah danau ini terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Samosir. Jadi bisa dikatakan, Pulau Samosir adalah pulau di dalam Pulau.

Luas Danau Toba mencapai 1707 km2, lebih luas dibandingkan dengan negara Singapura sekalipun. Danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi 70.000 tahun yang lalu.

Transportasi menuju Danau Toba

Wisatawan yang datang dari luar daerah bisa menggunakan transportasi udara menuju Bandara Internasional Kualanamu di Medan, sebelum kemudian bisa melanjutkan perjalanan menuju ke daerah Prapat, yaitu sebuah kota yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Danau Toba.

Dari Medan menuju ke Prapat, wisatawan bisa memanfaatkan moda transportasi umum seperti taxi. Dengan waktu tempuh sekitar 4 hingga 6 jam. Selain taxi, bus adalah kendaraan umum yang bisa digunakan sebagai alternatif.

Jika menggunakan bus menuju Danau Toba, terlebih dahulu Anda harus pergi ke Terminal Bus Amplas dengan menggunakan bus dari bandara. Tarif bus menuju Terminal Amplas dari bandara kurang lebih Rp15.000. Lama perjalanan kurang lebih 30 menit.

Dari Terminal Amplas, Anda bisa mencari bus yang menuju ke daerah Prapat. Tarif bus dari Terminal menuju Prapat kurang lebih Rp40.000.
Jika ingin menyebrang menuju ke Pulau Samosir, Anda bisa memanfaatkan kapal feri yang tarifnya kurang lebih Rp15.000 per orang.

(harga diatas sewaktu-waktu bisa berubah).

Setibanya di Danau Toba, ada beberapa tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi, diantaranya adalah:

Danau Toba

Danau Toba adalah objek wisata utama di tempat ini. Keindahan panorama alam yang tersaji sungguh luar biasa. Udaranya yang sejuk dan bersih serta pemandangan alam yang menakjubkan dari Danau Toba akan memberikan Anda perasaan tenang dan damai.

Di Danau ini, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan seperti bermain kano, memancing, dan lain-lain.

Objek wisata Batu Gantung

Di daerah Prapat terdapat sebuah objek wisata tidak bisa, yaitu, objek wisata Batu Gantung. Objek wisata ini sangat unik, berupa batu tergantung yang menyerupai sosok perempuan.

Di balik bentuknya yang unik tersebut, ada banyak cerita menarik yang beredar di sekitar masyarakat mengenai batu gantung.

Air Terjun Sipiso-piso

Tempat menarik lainnya di sekitar Danau Toba adalah Air Terjun Sipiso-piso yang berada di Desa Tongging Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

Air terjun ini dinamakan Air Terjun Sipiso-piso karena derasnya aliran air yang membuat siapapun yang berada di bawah akan merasakan hujaman layaknya hujaman pisau.

Pemandangan menarik di Resort Taman Simalem

Salah satu tempat menginap yang direkomendasikan saat berkunjung ke Danau Toba adalah Resort Simalem yang memiliki taman unik dan indah. Resort ini berada di Jalan Raya Merek, Sidikalang, Km 9, Dairi.

Salah satu kelebihan report tersebut adalah pemandangan alam di sekitarnya yang sangat menarik, terutama karena ada beberapa kamar yang ditawarkan dengan view langsung menuju ke arah Danau Toba.

Air Terjun Binangalom

Di salah satu sudut Danau Toba, terdapat air terjun yang bernama Air Terjun Binangalom yang airnya langsung bermuara ke Danau Toba.

Air terjun ini memang tidak setinggi Air Terjun Sipiso-piso, namun air terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena dianggap sebagai salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Untuk bisa menikmati keindahan alam di sekitar air terjun, wisatawan terlebih dahulu harus menumpang kapal dan kemudian melakukan perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam.

Tidak perlu khawatir dengan lamanya waktu yang ditempuh untuk bisa sampai ke air terjun tersebut, karena pemandangan alam di sepanjang perjalanan juga sangat indah. Sehingga waktu tempuh yang 1.5 jam tersebut tidak akan terasa membosankan.

Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah pulau yang fenomenal karena Pulau ini berada di tengah-tengah Pulau Sumatra. Sehingga dikenal sebagai pulau di tengah pulau.

Di Pulau Samosir ada banyak tempat dengan pemandangan alam yang indah serta menarik yang bisa dikunjungi.

Pemandian air panas Danau Toba

Danau Toba terbentuk akibat aktivitas gunung berapi 70.000 tahun yang lalu. Danau ini merupakan danau vulkanik terbesar di Asia sehingga tidak mengherankan apabila di salah satu sudut danau terdapat pemandian air panas yang bersumber dari aktivitas vulkanik.

Jika ingin merasakan sensasi mandi di air panas tersebut, Anda bisa datang ke daerah Rianiate, Pangururan, Kabupaten Samosir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP