Sail Karimata 2016; Promosi Seni, Budaya dan Pariwisata

Tahun 2014, Pemerintah telah menargetkan jumlah kunjungan wisatawan meningkat hingga 20 juta selama 5 tahun. Presiden RI, Joko Widodo juga menetapkan tahun 2016 menjadi tahun akselerasi atau percepatan sektor pariwisata. Salah satu caranya adalah dengan membuat agenda promosi seni, budaya dan pariwisata yang tidak hanya untuk warga lokal maupun diagendakan secara besar dengan menghadirkan wisatawan asing untuk ikut andil menyukseskan acara tersebut. Salah satu acara tersebut adalah Sail Karimata 2016.

Agenda Sail Karimata 2016

Mutiara Khatulistiwa, itulah sebutan untuk Kepulauan Karimata yang kini diangkat namanya dengan event berskala internasional, Sail Karimata 2016. Acara ini diselenggarakan di Pulau Datok, Kec. Sukadana, Kab. Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat sebagai acara puncaknya. Acara ini diselenggarakan dengan rangkaian kegiatannya dari mulai 17 Agustus hingga 15 Oktober.  Acara sail atau pelayaran ini akan mengarungi keindahan Selat Karimata dan juga pulau-pulau lain seperti Bintan juga Batam hingga menuju Singapura.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan sektor ekonomi, seni, budaya dan pariwisata ini diadakan secara beruntun dari mulai Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Bangka Belitung dan Kalimantan Barat serta tempat acara puncak, Kabupaten Kayong Utara. Acara ini sendiri merupakan gabungan dari rangkaian kegiatan seperti pelayaran, riset

sail-karimata-3

Foto : http://metro-online.co

Acara budaya, seni dan pariwisata ini dimeriahkan dengan drum band parade, fashion carnival, dragon boat race, pertunjukan atau festival seni dan budaya, bazaar, expo kuliner, kompetisi permainan tradisional, renang dan lainnya. Adapun kegiatan utamanya adalah sebagai berikut;

  • Acara Puncak Sail Selat Karimata
  • Bakti Sosial Kesehatan
  • Ekspedisi Riset Kelautan
  • Gerakan Bersih Pantai
  • Lintas Nusantara Remaja
  • Olahraga Bahari
  • Pameran Potensi Daerah
  • Peresmian Masjid Agung Oesman Al Khair
  • Reli Kapal Layar
  • Stand Pameran

Acara Sail Karimata 2016 ini juga dimeriahkan dengan berbagai wisatawan mancanegara termasuk komunitas pengguna yachter atau kapal pesiar dari berbagai negara. Menurut informasi dari Humas Pemkab Kayong Utara, ada 30 yachter yang datang dari 14 negara yang mengikuti rangkaian acara Sail Karimata ini.

Demi kelancaran acara ini yang akan menjadi pemantik dari tersebarnya informasi tentang seni, budaya dan pariwisata daerah setempat hingga ke wisatawan mancanegara, pemerintah pusat dan daerah juga berkoordinasi secara intensif termasuk beberapa kementrian seperti Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Perhubungan dan Kementrian Pariwisata. Selain itu, berbagai sarana dan prasarana atau fasilitas termasuk infrastruktur juga terus dibangun.

Agenda Seni dan Budaya Sail Karimata 2016

sail-karimata-1

Foto : https://kominfo.go.id

Sail Karimata ini merupakan kegiatan sail yang ke-8 yang dimulai dari tahun 2009 dengan diawali Sail Bunaken, Sail Banda, Sail Belitung, Sail Morotai, Sail Komodo, Sail Raja Ampat dan Sail Tumini. Secara umum, tujuan diadakannya agenda berskala internasional ini untuk mendongkrak perekonomian dan pembangunan infrastruktur daerah setempat sekaligus memperkenalkan kepada dunia tentang potensi wisata, alam, seni dan budaya yang terus dikembangkan untuk menarik perhatian wisatawan.

Untuk rangkaian kegiatan seni dan budaya dari kegiatan Sail Karimata 2016 ini dapat dilihat sebagai berikut;

  • Tanggal 12 Oktober: Pagelaran Budaya Kab. / Kota Se-Kalbar dengan koordinator DISBUDPARPORA (Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga)
  • Tanggal 13 Oktober: Pagelaran Budaya Kab. / Kota Panggung Utama Pameran
  • Tanggal 13 Oktober: Lomba Band di Lokasi Tenda UKM Disperindagkop
  • Tanggal 13 Oktober: Pagelaran Budaya Kab. / Kota (Pantomin) dimeriahkan oleh Sanggar Bougenville dan juga Mahkota Band

Selain itu, ada juga pemutaran film bioskop dengan koordinatornya adalah Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dengan agenda sebagai berikut;

  • Tanggal 14 – 15 Oktober 2016 (19.00 WIB): Pemutaran Film Misbar, lokasi di Pantai Pulau Datok
  • Tanggal 14 – 15 Oktober 2016 (9.00 WIB): Pemutaran Film Kubah, lokasi di Balai Nirmala
  • Tanggal 15 Oktober 2016 (19.30 WIB): Hiburan Rakyat berupa Artis dan Teater oleh Kementrian Kominfo

Kegiatan Sail Karimata 2016 ini hanya satu dari rangkaian kegiatan bertemakan seni, budaya dan pariwisata lain yang terus dikembangkan. Adapun untuk acara Sail Karimata ini lebih ditekankan kepada daerah yang menjadi tuan rumah dan sekitarnya terutama untuk Kabupaten Kayong Utara. Tentunya, diharapkan juga agar sektor pariwisata termasuk seni dan budaya dari daerah yang menjadi tuan rumah juga semakin dikenal luas hingga ke mancanegara.

Itulah sebabnya, acara Sail Kalimata ini ditata dengan apik termasuk tarian kolossal oleh pelajar di Kab. Kayong Utara, acara musik dan juga termasuk kerja keras dari koreografer, desainer, kutaror dan penata musik terbaik semuanya ditampilkan di pagelaran ini. Ini karena di acara ini paling tidak ada empat budaya yang ditampilkan yakni Budaya Melayu, Budaya Dayak, Budaya China dan juga Budaya Bali.

Ada beragam utusan berupa tim atau kelompok dari beragam daerah di Indonesia yang menunjukkan kebudayaan daerah masing-masing di acara Sail Karimata ini seperti contohnya utusan dari Banten yang menunjukkan atraksi jawara dengan Debus-nya. Acara Debus ini bahkan membuat banyak wisatawan terkagum-kagum.

Bahkan, salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu dari setiap acara Sail yang diadakan setiap tahun ini adalah acara malam seni dan budaya. Memang, di acara Sail Karimata ini tidak hanya budaya daerah lokal yang menjadi tuan rumah saja yang ditampilkan melainkan juga berbagai kebudayaan lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Foto featured : http://jendelakalbar.com

 

1 Comments

  1. Carley says:

    It’s much easier to unadsrtend when you put it that way!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP