Rawon; Warisan Wisata Kuliner Khas Indonesia dari Jawa Timur

Tidak hanya kebudayaan dan tradisi yang diwariskan oleh nenek moyang Indonesia kepada generasi saat ini melainkan juga kuliner atau makanan khas yang juga diwariskan. Sebagai generasi sekarang, tugas kita adalah melanggengkan atau meneruskan agar warisan wisata kuliner dari nenek moyang untuk terus dilestarikan ke generasi selanjutnya, anak dan cucu kita agar mereka juga bisa menikmatinya. Salah satu warisan kuliner yang terus dijaga hingga saat ini adalah rawon.

Wisata Kuliner Rawon Jawa Timur

Jawa Timur memiliki beragam makanan khas yang wajib dicoba. Bahkan, makanan khas ini sudah menjadi warisan nusantara, yakni Rawon. Makanan ini tentunya sudah tidak asing di telinga para pecinta atau pemburu kuliner khas nusantara. Ya, makanan ini bahkan sudah ‘naik daun’ karena tidak hanya disajikan di pinggir jalan atau tempat makan kecil melainkan sudah menembus tempat atau rumah makan besar bahkan tidak mengherankan jika ada hotel atau restoran yang menyajikan menu masakan ini.

Menariknya, kini makanan yang menggunakan daging sapi ini juga sering disajikan ketika sedang ada pesta seperti pesta pernikahan. Banyak pasangan pengantin yang memilih menghidangkan masakan dengan kuah yang hitam ini kepada para tamu undangannya. Para tamu undangan juga terlihat begitu menikmatinya. Tidak hanya itu, penjual yang menawarkan makanan ini juga selalu dibanjiri oleh para pembeli apalagi jika rasa yang diciptakan dari bumbu rempah itu memiliki cita rasa yang khas.

Makanan ini juga sering disajikan untuk tamu termasuk wisatawan asing yang ingin mencicipi makanan khas Indonesia khususnya Jawa Timur mengingat Jawa Timur juga memiliki tempat wisata yang sangat menakjubkan seperti Kawah Rinjani, Gunung Bromo dan lainnya yang tersebar di banyak kota di Jawa Timur. Jadi, jika Anda saat ini sedang menjelajahi Indonesia, jangan lupa untuk bersinggah ke Jawa Timur dan mencoba makanan yang satu ini. Rasanya yang enak akan membuat siapa saja jatuh cinta.

Tidak mengherankan juga jika ada wisatawan asing yang jatuh cinta dengan Rawon ini. Campuran daging sapi yang empuk dan mudah digigit serta dikunyah, dipadu dengan bumbu dan kuah yang khas, membuat rasa dari makanan ini akan terasa di setiap kunyahan. Bahkan, tidak sedikit jika banyak yang mencoba untuk berkreasi membuat kuliner ini di rumah. Yah, patut dicoba sendiri di rumah sehingga bisa disajikan kepada anggota keluarga dan teman saat sedang berkumpul di rumah.

Kreasi Wisata Kuliner Nasi Rawon

Makanan khas ini dibuat dengan bahan dasar berupa daging sapi dan juga kluwek. Kluwek adalah bahan makanan yang dapat membuat kuah dari makanan menjadi berwarna hitam. Oleh sebab itu, masakan khas Jawa Timur ini memiliki kuah yang berwarna hitam. Kuah hitam ini agak kental karena dicampur dengan bumbu rempah khas Indonesia seperti ketumbar, bawang merah, bawang putih, daun bawang dan lainnya. Makanan ini paling enak jika disajikan hangat dan biasanya dicampurkan atau disiramkan di atas nasi putih yang masih hangat.

Bisa Anda bayangkan, kondisi tempat wisata di Jawa Timur yang cukup dingin atau saat pagi buta dimana embun masih menyelimuti, tubuh Anda tentu akan merasa lebih hangat dan nyaman ketika Anda mulai memasukkan sesuap nasi hangat yang disajikan dengan Rawon hangat. Apalagi jika ditambah dengan sedikit sambal yang pedas dan kerupuk udang, tentu akan membuat mata Anda langsung melek. Yah, makanan ini memang paling pas disajikan hangat.

Pagi, siang atau sore dan malam hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati kuliner Jawa Timur yang satu ini. Artinya, kapan saja Anda mau, Anda bisa menikmati kuliner warisan nenek moyang dengan bahan dasar daging sapi dan kluwek ini. Tentunya, jika Anda ingin membelinya, sebaiknya membeli makanan ini di tempat yang terkenal akan ciri khas rasanya. Ini karena tidak semua orang mampu membuat makanan yang satu ini dengan rasa yang khas. Ini karena campuran bumbu kuah seharusnya dibuat dengan sungguh-sungguh.

Jika Anda berniat untuk membuka tempat makan yang menyajikan masakan khas ini, sebaiknya belajar terlebih dahulu kepada ahlinya yakni warga Jawa Timur yang sudah membuat Rawon selama puluhan tahun yang memiliki rahasia atau resep bumbu tersendiri. Selain itu, sebaiknya jelajahi beberapa tempat makan yang terkenal menyajikan rasa yang khas pada makanan ini dengan tujuan untuk membedakan rasa dan membuat perkiraan kira-kira bumbunya apa saja. Yah, beragam cara bisa ditempuh.

Anda juga bisa berkreasi untuk membuat bentuk, tampilan dan rasa dari makanan ini sedikit berbeda. Hanya saja, sebaiknya kreasi dan ide untuk membuatnya tidak akan merubah rasa khasnya. Ini demi menjaga keaslian resep dari bumbunya sehingga akan tetap menjadi makanan khas yang tidak berubah dari tahun ke tahun, dari generasi ke generasi. Memang, wisata kuliner itu sebaiknya tetap dijaga dan dilestarikan. Boleh saja berkreasi, tapi tidak terlalu jauh dan tetap memberikan pilihan yang original selain memberikan menu dengan rasa dan bahan tambahan lain sebagai pilihan lain. Selamat berkreasi!

Pemilik Foto : http://widhiaanugrah.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP