Pesona dan Daya Tarik Wisata Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai merupakan satu dari 70 rantai pulau-pulau yang berada di bagian Barat Sumatra. Di Mentawai, ada empat pulau utama yang dianggap sebagai pulau paling besar, di antaranya adalah Pulau Siberut dengan luas 4030 km2, kemudian ada Pulau Sipura, Pagai Selatan, dan Pulau Pagai Utara.

Sisanya, pulau-pulau kecil kebanyakan tidak berpenghuni dan hanya ditumbuhi pohon-pohon kelapa yang rindang, membuat pemandangan begitu dramatis dan indah. Namun satu hal yang menjadi daya tarik Kepulauan Mentawai selain keindahan alam dan pantai-pantainya yang cantik adalah ombaknya yang besar dan menantang.

Ombak yang besar tersebut adalah magnet yang menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama pencinta surfing untuk datang berwisata ke Mentawai.

Cara pergi ke Mentawai

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam atau merasa tertantang untuk menaklukkan ombak di Mentawai, Anda bisa pergi ke pulau tersebut dengan terlebih dahulu menuju ke Bandar Udara Internasional Minangkabau. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Bungus Padang yang ada di kecamatan Bungus Teluk Kabung.

Dari sana Anda bisa menumpang kapal motor menuju Mentawai. Biaya transportasi dari pelabuhan Bungus Padang menuju Mentawai untuk kelas ekonomi sekitar Rp75.000. Sedangkan untuk kelas eksekutif, biasanya mencapai Rp400.000. Tarif tersebut suatu waktu bisa saja berubah.

Kapal motor tersebut berangkat pada hari-hari tertentu yaitu, pada hari Minggu pukul 20.00 WIB, pada hari Selasa pukul 20.00 WIB, dan pada hari Kamis di jam yang sama.

Pesona objek wisata Kepulauan Mentawai

Pesona keindahan alam dan ombak di Kepulauan Mentawai sudah sangat terkenal. Kebanyakan difavoritkan oleh wisatawan asing terutama wisatawan yang berasal dari Australia.

Selain daya tarik ombaknya yang besar dan cocok untuk surfing, sebenarnya di Kepulauan Mentawai juga ada beberapa destinasi wisata yang menarik karena tempat ini memang dipenuhi dengan pantai-pantai indah dengan air yang berwarna biru jernih.

Diantara destinasi wisata di Kepulauan Mentawai yang paling peminatnya adalah:

Pulau Sipora

Pulau Sipora adalah tujuan utama para pencinta surfing karena disini ombaknya sangat besar dan tinggi. Bagi Anda yang ingin mencari ombak, sebaiknya datang di bulan April hingga bulan Oktober, karena pada saat itu adalah puncak dimana ombak sedang sangat besar.

Pulau Nyang Nyang

Tempat lain yang banyak difavoritkan adalah Pulau Nyang Nyang. Pulau ini juga sering dijadikan sebagai tujuan wisata oleh pencinta surfing karena memiliki ombak yang besar.

Banyak yang membandingkan ombak di Pulau Nyang Nyang dengan ombak-ombak yang ada di Tahiti atau di Hawaii. Selain ombak, tentu saja pemandangan alam berupa pantai adalah daya tarik lain yang mudah dijumpai.

Pantai-pantai terkenal di Mentawai

Setidaknya ada 7 pantai yang keindahannya mampu menghipnotis siapa saja yang berkunjung ke Mentawai. Pantai-pantai tersebut diantaranya adalah:

  1. Pantai Simatalu
  2. Pantai Katiet
  3. Pantai Tuapejat
  4. Pantai Mapaddageat
  5. Pantai Betaet, hingga
  6. Pantai Makakang.

Desa Madobag

Desa Madobag adalah salah satu desa di Mentawai yang banyak didatangi oleh wisatawan karena daya tarik objek wisata budaya suku asli Mentawai yang mendiami tempat tersebut. Pada waktu-waktu tertentu, wisatawan bisa menyaksikan kegiatan berupa upacara tradisional untuk mengusir roh jahat yang dilakukan oleh sikerei.

Di Desa Madobag juga ada air terjun yang bernama Air Terjun Kulu Kubu. Ini adalah sebuah air terjun yang konon katanya memiliki suhu sangat dingin seperti es.

Desa Sikakap

Selain Desa Madobag, Desa Sikakap juga cukup diminati karena terdapat beberapa pantai indah di tempat tersebut. Dua pantai yang cukup terkenal berada di Dusun Bakat Binuang dan Dusun Mabola. Dua tempat tersebut selain dijadikan sebagai destinasi wisata pantai juga seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata untuk kegiatan snorkelling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP