Opor Ayam; Wisata Kuliner Spesial Khas Indonesia

Berbicara tentang makanan khas Indonesia, memang tidak akan pernah habis. Indonesia adalah surga bagi wisatawan yang ingin berburu makanan khas karena jumlahnya yang sangat banyak. Ada beragam jenis makanan khas baik yang hanya disediakan saat hari tertentu atau setiap hari seperti wisata kuliner Indonesia yang menggunakan bahan pokok daging ayam. Makanan pokok yang menggunakan olahan daging ayam juga beragam. Salah satu yang paling spesial adalah opor ayam.

Wisata Kuliner Opor Ayam

Semua pecinta makanan khas Indonesia tentu sudah tidak asing dengan rasa masakan dengan nama Opor Ayam. Makanan khas ini sering dijadikan sajian spesial di acara-acara tertentu termasuk di hari raya Idul Fitri. Bahkan, jika ada acara keluarga termasuk pernikahan atau halal bi halal dan lain sebagainya, terasa tidak akan lengkap jika tidak ada acara makan-makan. Acara makan-makan ini tidak akan terasa lengkap juga jika tidak disediakan opor ayam. Itulah kenapa makanan ini sangat spesial.

Namun, tentu Anda tidak perlu menunggu acara-acara spesial seperti di atas hanya untuk bisa menikmati kuliner spesial ini. Saat ini, ada banyak sekali tempat makan yang menyediakan menu makanan ini termasuk warung makan besar atau restaurant hingga hotel berbintang. Ini karena makanan berkuah ini sangat akrab dengan lidah orang Indonesia. Apalagi dengan rasanya yang sangat menggugah selera dan nafsu makan siapa saja. Disajikan hangat dan sedikit lebih pedas, tentu sangat nikmat.

Bagi wisatawan asing, mereka juga suka dengan menu makanan spesial yang memadukan potongan lontong dengan kuah santan dan daging ayam yang lembut ini. Apalagi ditambah dengan sambal yang pedasnya sesuai dengan selera. Sedikit pemanis dengan kecap, akan membuat rasa Opor Ayam semakin lezat. Sepertinya, membayangkan makanan ini saja sudah membuat perut kita lapar. Ini karena rasa dan perpaduan bumbu rempah yang sempurna yang membuat kuliner yang satu ini terasa sangat ‘nendang’.

Kreasi Wisata Kuliner Opor Ayam

Kuliner ini menggunakan bahan dasar daging ayam yang dimasak lama sehingga begitu lembut dan empuk. Kemudian, ayam dicampur dengan kuah bersantan yang sudah diberi bumbu opor. Potongan lontong atau ketupat yang sudah disiapkan di piring akan disiram dengan kuah opor dan daging ayam ini. Tambahkan telur dan potongan kentang yang sudah direbus. Tambahkan sedikit sambal sesuai dengan selera dan sebagai topping, tambahkan remasan kerupuk. Setelah itu, makanan ini siap disajikan.

Aroma dari kuah opor ini benar-benar dapat memanggil Anda untuk segera menikmatinya. Sangat wajar jika ada acara keluarga, menu masakan ini akan cepat habis. Dari anak-anak hingga orang dewasa bahkan orang tua pasti akan menyukainya. Apalagi, daging ayam yang lembut dan empuk itu akan terasa begitu ‘menggigit’ ketika Anda mulai memakannya. Buat Anda yang sedang tidak berada di Indonesia, tentu akan merasa sangat kangen dengan masakan ini.

Jadi, selain dari dimana makanan khas ini disajikan seperti acara keluarga, yang membuat kangen dari Opor Ayam adalah rasa dan kuah dengan bumbu rempah khas Indonesia yang begitu kuat sehingga akan membuat makanan ini terasa sangat spesial. Terkadang, untuk menyambut kedatangan seseorang yang penting, masakan ini juga akan disajikan. Ya, ada beragam cara yang membuat masakan ini begitu spesial di lidah orang Indonesia hingga menjadi makanan khas.

Untuk kreasinya sendiri bisa beragam sesuai dengan selera. Walaupun namanya adalah Opor Ayam, bukan berarti Anda tidak bisa mencampur daging ayam tersebut dengan daging lain seperti daging kambing atau daging sapi. Kemudian, untuk sambalnya sendiri bisa diganti dengan mayonnaise. Begitu juga dengan kerupuknya, bisa digunakan kerupuk udang agar rasanya lebih nikmat. Tambahkan potongan bawang goreng di atasnya juga akan membuat rasa dan aromanya lebih harum.

Selain dari rasa, bahan dan tampilan, Anda juga bisa berkreasi dengan wadah tertentu jika ingin menjual makanan khas Indonesia ini. Pagi, siang, sore atau malam hari, makanan ini sangat pas disajikan. Artinya, kapan saja bisa menjadi waktu yang tepat untuk menikmati makanan ini. Oleh sebab itu, jika Anda menjual kuliner ini sebaiknya sudah siap dari pagi hari. Dengan kuah yang masih hangat serta dengan minum berupa teh atau jeruk hangat tentu akan membuat tubuh terasa hangat dan lidah tentu akan bergoyang mengunyah makanan spesial ini.

Namun, tentunya akan lebih nikmat ketika makanan ini dibuat dan disajikan ketika keluarga sedang berkumpul. Ya, tidak ada yang membuat kangen selain ikatan keluarga dan juga masakan yang dibuat oleh keluarga khususnya ibu. Tentu, rasa makanan ini juga akan membuat siapa saja yang pernah memakannya akan begitu tergoda atau ‘ngiler’ ketika melihat masakan ini disajikan. Anda tentu sudah tahu bagaimana rasa dari masakan ini.

Siapapun Anda, jika sedang mencoba menjelajahi Indonesia, jangan lupa dengan wisata kuliner yang satu ini karena Anda hanya akan menemukannya di Indonesia, tidak di tempat lain. Jangan lupa, jika berencana ingin menyajikan masakan khas Indonesia, Anda juga perlu menyajikan masakan dengan ayam ini.

Pemilik Foto : http://www.resepmasakanlengkap.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP