Objek Wisata Pulau Beras Basah di Kalimantan Timur

Kalimantan Timur sejatinya memiliki banyak objek wisata menarik terdiri atas objek wisata alam, wisata pantai, wisata budaya, hingga pemandangan bawah laut yang indah. Diantara beberapa tempat wisata terkenal di Kalimantan Timur yang sering dikunjungi oleh Wisatawan adalah:

Pantai Melawai di Balikpapan

Islamic Center di Samarinda

Pulau Kakaban  

Pulau Maratua

Labuan Cermin di Biduk biduk

Kepulauan Derawan, hingga

Pulau Beras Basah yang ada di Bontang

Pulau Beras Basah adalah destinasi wisata favorit masyarakat Bontang maupun masyarakat Kalimantan Timur karena lokasinya yang mudah dijangkau serta karena tempat ini menawarkan objek wisata yang menarik serta lengkap dengan berbagai wahana permainan.

Cara mengakses pulau Beras Basah

Untuk bisa sampai di pulau Beras Basah yang berada di Bontang Kalimantan Timur, yang berlokasi hanya 7 km dari pusat Kota Bontang. Untuk bisa sampai di sana, bagi Anda yang berasal dari luar pulau Kalimantan harus terlebih dahulu pergi ke Kalimantan Timur dengan menggunakan pesawat atau kapal laut.

Jika menggunakan pesawat, Anda akan turun di Bandara Sepinggan. Dan jika menggunakan kapal laut, Anda akan turun di Pelabuhan Semayang. Dari Pelabuhan atau dari bandara, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Terminal Batu Ampar dengan menggunakan angkot atau taksi. Kemudian dari terminal Batu Ampar ccarlah bus menuju Terminal Bontang.

Kemudian dari Terminal Bontang perjalanan dilanjutkan menuju ke pelabuhan Tanjung Laut sebelum kemudian menyeberang ke pulau Beras Basah dengan menggunakan klotok.

Fasilitas dan akomodasi

Fasilitas wisata yang ada di pulau Beras Basah sebenarnya tidak terlalu lengkap. Di sana hampir bisa dipastikan tidak ada air tawar. Sehingga untuk bisa mendapatkan air tawar, pengunjung harus membeli air dengan harga Rp1.000 per liter.

Begitu juga dengan penginapan, di pulau tersebut tidak ada hotel sehingga bagi pengunjung yang ingin berwisata ke pulau Beras Basah harus menginap di kota Bontang.

Namun di sana sudah ada warung-warung yang menjual makanan dan juga terdapat Mushola yang bisa digunakan untuk beribadah.

Wisata pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah sebenarnya adalah pulau kecil yang luasnya kurang lebih hanya satu hektar. Di sekeliling pulau ini terdapat pantai dengan pasir berwarna kekuningan serta memiliki air laut yang jernih.

Gelombang laut di pulau Beras Basah tidak terlalu besar sehingga siapapun yang berkunjung untuk berwisata ke tempat ini bisa melakukan berbagai kegiatan menarik seperti berenang, senorkeling, atau melakukan bermain dengan wahana permainan seperti banana boat dan lain-lain.

Berwisata ke Pulau Beras Basah cukup menyenangkan karena di pulau ini ada banyak pohon kelapa yang membuat suasana terasa begitu menyenangkan.

Karena pemandangan alamnya yang indah yang tentu saja jarang kita temukan di Kalimantan Timur mengingat sebagian besar pantai-pantai di Kalimantan timur memiliki air laut yang keruh.

Tempat wisata pulau Beras Basah sering dijadikan sebagai destinasi wisata snorkeling untuk menyaksikan terumbu karang yang sifatnya ada di sekitar Dermaga Pulau Beras Basah.

Tips berwisata ke Pulau Beras Basah

Biaya penyeberangan dari pelabuhan Tanjung Laut menuju ke Pulau Beras Basah lumayan mahal. Untuk satu perahu biasanya akan dimintai antara Rp600.000 hingga 1,5 juta rupiah. Tentunya, biaya tersebut tidak Anda tanggung sendiri. Karena ada banyak wisatawan yang biasanya akan menyeberang sehingga biaya perahu bisa dibayar secara patungan.

Sebelum naik perahu, Anda harus bernegosiasi untuk memastikan harga terlebih dahulu dengan pengelola kapal.

Selain dijadikan sebagai tempat wisata siang hari, bagi wisatawan yang ingin menginap, mereka juga tetap bisa menginap di Pulau Beras Basah dengan menggelar tenda atau tidur di gazebo-gazebo yang ada di sana.

Jika berkunjung pada hari Minggu, sebaiknya Anda membawa bekal makanan sendiri karena kadang-kadang, warung makan yang ada di sana tutup pada hari Minggu atau pada hari hari libur nasional.

 

1 Comments

  1. Travedisi says:

    mantap min buat info tempat-tempat wisatanya, oh ya saran sedikit min, kalau bisa di tambah gambar-gambarnya juga biar makin jelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP