Nasi Goreng, Warisan Wisata Kuliner Indonesia

Indonesia adalah surga bagi wisatawan baik wisatawan lokal maupun asing. Tidak hanya karena berbagai tempat yang menakjubkan yang membuat Indonesia sebagai surga bagi wisatawan, melainkan juga aneka makanan khas Indonesia yang juga turut memperkaya wisata kuliner hingga mampu menarik perhatian dan rasa penasaran wisatawan. Salah satu kuliner yang disukai oleh wisatawan lokal dan asing adalah kuliner yang berbahan nasi putih dan berbagai campuran bumbu rempah, yah Nasi Goreng.

Wisata Kuliner Nasi Goreng

Benar, salah satu jenis kuliner yang bahkan menarik perhatian wisatawan asing adalah Nasi Goreng. Kuliner yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga kita. Bagi warga perkotaan, cukup mudah untuk menemukan makanan khas Indonesia yang satu ini. Terutama bagi Anda yang tinggal di daerah yang dekat dengan kampus atau tempat kost-kostan, asrama, komplek perumahan dan lain sebagainya. Bahkan, di pinggir jalan juga sangat mudah ditemui penjual makanan yang menyajikan menu nasi goreng ini.

Kuliner ini memang sangat terkenal dan sudah menjadi ciri khas Indonesia. Jika Anda bertanya kepada wisatawan asing tentang makanan Indonesia yang mereka sukai, bisa dipastikan salah satunya adalah Nasi Goreng. Ini karena makanan yang satu ini memang memiliki cita rasa yang enak. Apalagi diperkaya dengan rasa rempah yang begitu terasa di lidah, membuat siapa saja termasuk wisatawan asing akan menyukainya. Bahkan tidak mengherankan jika ada wisatawan asing yang penasaran dengan proses pembuatan makanan ini untuk kemudian mereka membuat sendiri di rumah ketika kembali ke negara mereka.

Makanan dengan bahan dasar nasi ini juga sudah menjadi warisan nenek moyang yang hingga kini masih terus ada. Entah siapa yang memulai membuat makanan ini untuk yang pertama kalinya, yang jelas makanan ini tentu dibuat oleh nenek moyang orang Indonesia hingga makanan ini menjadi makanan khas Indonesia yang tidak terpisahkan dari kebudayaan Indonesia sendiri. Oleh sebab itu, bisa dipastikan tidak ada warga Indonesia yang tidak suka dengan makanan ini.

Kreasi Menu Nasi Goreng sebagai Wisata Kuliner

Jika Anda datang ke rumah makan baik rumah makan kecil maupun besar, Anda akan dengan mudah menemukan menu Nasi Goreng. Bahkan, banyak juga tempat makan yang hanya menyediakan makanan ini. Banyak juga yang menjualnya secara keliling ketika sore atau malam hari. Tidak hanya berhenti di kaki lima melainkan sampai pada restoran besar hingga hotel berbintang dan tempat makan eksklusif kelas atas lainnya, menu yang satu ini selalu hadir menghiasi daftar menu yang ditawarkan.

Ini karena ada banyak sekali ide atau kreasi yang bisa ditambahkan untuk membuat tampilan dan rasa dari kuliner yang enak ini sesuai dengan selera penikmatnya. Sebagai contoh, untuk rasa dan bentuk dasarnya, adalah nasi putih. Pertama, panaskan minyak goreng dan tambahkan beberapa bumbu rempah seperti bawah, cabai, garam dan lainnya. Kemudian masukkan nasi putih, aduk atau campur secara rata dan tambahkan kecap secukupnya. Ini adalah bentuk dasar dari kuliner ini.

Namun, sekarang menu Nasi Goreng ini sangat bervariasi. Ada yang dicampur atau ditambahkan dengan daging ayam, hati dan ampela ayam, daging sapi, bakso, sosis, telur dan lain sebagainya. Ada juga yang mencoba menawarkan rasa lebih berani dengan memberikan beberapa level kepedasan. Ya, semua ide dan kreasi ini bermaksud untuk menarik perhatian para konsumen untuk mencicipinya. Namun, secara tidak langsung, berbagai ide dan kreasi ini justru membuat variasi, rasa, bentuk dan tampilan nasi goreng semakin kaya dan mudah diterima oleh siapapun.

Rahasianya adalah karena bahan dasarnya berupa nasi yang mana hampir seluruh masyarakat Indonesia suka dan mengonsumsi nasi setiap hari. Ditambah dengan bumbu rempah khas Indonesia, maka ini membuat kuliner ini sangat mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, lidah wisatawan asing pun merasakan kuliner khas Indonesia ini memang enak dan harus mereka coba ketika mereka ke Indonesia. Yah, tidak bisa dipungkiri jika bahan-bahan dasar dan ide serta kreasi ini membuat rasa nasi goreng semakin kaya.

Selain dari bahan, ide dan kreasinya, ternyata proses pembuatan yang mudah dan cepat juga membuat menu kuliner ini sangat disukai baik pembeli maupun penjual nasi goreng. Apalagi pada waktu perut kosong atau kelaparan, menu makanan ini selalu menjadi pilihan selain mie instant. Ini juga yang membuat hampir siapa saja yang suka dengan makanan ini, bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda juga pasti tidak akan menemui kesulitan untuk membuat makanan khas Indonesia ini.

Harganya juga cukup murah. Satu porsi atau satu piring dengan tanpa tambahan apapun atau hanya telur saja harganya masih berkisar Rp 10.000. Sedangkan dengan berbagai tambahan lain seperti ayam atau daging sapi, harganya masih standard atau di bawah Rp 20.000. Tentunya, harga ini berbeda-beda di setiap daerah.

Jadi, Anda belum sepenuhnya menjadi orang Indonesia ketika Anda sendiri belum pernah mencoba kuliner ini. Begitu pula wisatawan asing dikatakan belum pernah ke Indonesia jika tidak mencoba wisata kuliner yang satu ini. Inilah yang membuat wisatawan asing selalu menyempatkan diri, di mana pun mereka berada, ketika di Indonesia, mereka akan mencoba menikmati kuliner khas Indonesia ini.

Pemilk Foto : selerasa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP