Meninggalkan Jejak di Ekowisata Taman Nasional Tesso Nilo

Indonesia sebuah negeri yang tidak kekurangan tempat-tempat wisata. Banyak tempat-tempat wisata popular yang dikunjungi wisatawan dari mancanegara. Sebut saja di antaranya Candi Borobudur, Pantai Kuta, Pulau Mentawai, Pantai Lombok, dan Labuan Bajo. Namun, ada satu tempat wisata berwawasan lingkungan yang seringkali luput dari perhatian masyarakat Indonesia, yakni Taman Nasional Tesso Nilo.

Taman Nasional Tesso Nilo merupakan objek ekowisata yang terletak di Jalan Raya Langgan KM 4, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau. Taman Nasional ini telah diresmikan sekitar 12 tahun silam, tepatnya tanggal 19 Juli 2004. Pada awal berdirinya, Taman Nasional Tesso Nilo hanya memiliki luas 38.576 hektare. Namun karena salah satu fungsi tempat ini sebagai kawasan konservasi gajah-gajah sumatera yang punah, maka dibutuhkan lahan yang lebih luas lagi. Sehingga kemudian Tesso Nilo sempat diperluas menjadi 83.076 hektare.

Zamrud Khatulistiwa Riau

Taman Nasional Tesso Nilo bukan hanya sekadar obyek wisata alam biasa. Kehadiran Tesso Nilo membangkitkan harapan semua makhluk hidup akan paru-paru dunia. Seperti yang kita ketahui, hutan di Indonesia semakin menipis akibat pembakaran dan penebangan liar. Hutan yang telah rusak memberi dampak negatif pada ekosistem tumbuhan dan hewan di dalamnya. Oleh karena, kehadiran Tesso Nilo diharapkan mampu melindungi flora dan fauna khas riau yang hampir punah, seperti gajah, tapir, dan harimau.

Tesso Nilo menawarkan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Di sini wisatawan akan diajak bertualang menyusuri hutan. Melihat aneka tumbuhan vascular tertinggi di dunia, yang konon mengalahkan tumbuhan vascular yang ada di hutan Amazon. Jejak-jejak harimau dapat dengan mudah terlihat dan mendebarkan. Kalau beruntung, wisatawan bisa mendengar suara geraman harimau secara langsung di tengah hutan terbuka. Jangan khawatir, perjalanan ekowisata Anda akan selalu didampingi oleh pawang profesional.

Tesso Nilo juga menawarkan beberapa rangkaian kegiatan berwawasan lingkungan yang sangat menyenangkan kepada para wisatawan, antara lain:

  • Safari Gajah. Tesso Nilo memang identik dengan gajah-gajah sumatera yang ukuran tubuhnya besar-besar. Saat berada di sini, jangan lewatkan kesempatan menyusuri hutan sambil menunggang gajah beramai-ramai selama 1 jam. Nantinya akan ada pemandu profesional yang akan menemani perjalanan menantang Anda bersama gajah-gajah Sumatera. Tarif yang dikenakan untuk bersafari gajah cukup terjangkau, yakni Rp 1.000.000/grup (maksimal 6 orang).
  • Elephant Care. Masih berhubungan dengan gajah, bagi setiap pengunjung yang ingin berinteraksi lebih intens dengan para gajah dapat mengikuti kegiatan Elephant Care. Elephant Care merupakan kegiatan yang berisi edukasi peduli gajah. Di sini wisatawan akan terlibat langsung dalam merawat gajah, misalnya memandikan, memberi makan, dan melihat atraksi gajah. Untuk bisa melakukan semua itu, per grup dikenakan biaya sebesar Rp. 1.200.000 dengan durasi kegiaan selama 8 jam.
  • Menyusuri Sungai Nilo. Bentangan Tesso Nilo memang dialiri oleh sebuah sungai benama Nilo. Air sungai ini sangat sejuk dan jernih. Perjalanan menyusuri sungai Nilo dilakukan dengan sebuah perahu mesin selama 1-3 jam. Biaya sewa perahu mesin sekitar 250-300 ribu rupiah/orang, tergantung panjang jarak yang ingin ditempuh.
  • Sialang Ecotour. Sialang Ecotour mengajak wisatawan untuk mengenal pohon Sialang, tempat lebah-lebah hutan bersarang. Dalam kegiatan ini, wisatawan juga akan ditunjukkan cara memanen madu dan proses pengemasannya. Biaya yang dibutuhkan untuk menikmati keseruan Sialang Ecotour sebesar Rp 500.000/grup dengan durasi 3 jam.

Selain kegiatan ekowisata yang tertera di atas, wisatawan juga bisa menaklukkan track-track Tesso Nilo dengan bersepeda (Paddle tour). Pada saat-saat tertentu, pengelola setempat menghadirkan pertunjukan tari tradisonal melayu dan pencak silat.

Bagaimana? Objek wisata yang sangat menarik, bukan? Bahkan Horrison Ford, aktor Hollywood yang membintangi film Indiana Jones, pernah datang dan membuktikan sensasi keseruan di Tesso Nilo secara langsung. Anda sendiri, kapan lagi?

Pemilik Foto: http://www.amabeltravel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP