Keindahan Kawah Putih Ciwidey

Bertraveling ria di Kota Bandung tentunya tidak lengkap tanpa mengunjungi objek wisata Kawah Putih yang terletak di kawasan Ciwidey. Panorama salah satu kebanggaan wisata Jawa Barat ini tampak sangat menakjubkan dan menyejukkan mata sehingga mampu memesona siapa saja yang melihatnya.

Coba Anda bayangkan, danau yang terbentuk dari letusan gunung Patuha pada masa lampau ini memiliki warna cantik nan unik yaitu putih kehijauan. Ditambah lagi hamparan luas tanah bercampur belerang yang menyerupai pasir putih di sekitar danau semakin menambah pesona dan keindahan alam kawah putih. Belum selesai di situ, kabut yang sering muncul dan perlahan turun menyajikan bias warna hingga tampak bak di nirwana.

Sekilas Sejarah Kawah Putih

Kawah putih merupakan kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha atau yang disebut oleh masyarakat setempat sebagai Gunung Sepuh, yaitu gunung tertua yang berada di wilayah tersebut.  Sejak meletusnya pada abad ke 10, puncak gunung Patuha yang mengeluarkan air berwarna putih berbau menyengat  dianggap keramat dan angker sehingga tidak ada seorang pun yang berani mendekatinya. Apalagi dengan banyaknya burung yang selalu mati tiap kali melewati kawasan tersebut.

Hingga pada tahun 1800-an muncullah peneliti dari Belanda berkebangsaan Jerman bernama Dr. Franz W. Junghuhn yang akhirnya mematahkan anggapan mistis masyarakat terhadap puncak gunung Patuha sekaligus menguak keindahan Kawah Putih Ciwidey. Ia menyimpulkan bahwa burung yang selalu mati terjadi akibat sengatan bau belerang yang muncul di sekitar kawah. Sejak itu, kawah putih terus dikembangkan sebagai tempat wisata hingga diresmikannya pada tahun 1987, dan menjadi sangat terkenal seperti sekarang.

Fasilitas dan Kegiatan Wisata di Kawah Putih

Sajian pemandangan alam yang indah tentu sayang jika dilewatkan tanpa terekam kamera. Banyak orang yang datang ke kawah putih untuk menyaksikan keindahan alamnya sekaligus special berfoto ria. Mulai dari foto pribadi, sesi pemotretan para model, hingga prewedding, dan banyak lagi.

Nah, berhubung kawah putih merupakan lokasi wisata yang dikelola dengan baik, tentunya ada biaya yang sepadan juga bagi pengunjung yang akan merekam momen berharganya. Memasuki kawah Putih Ciwidey para pengunjung dipungut tarif bayaran, begitu juga jika aktifitas yang akan dilakukan semakin butuh privasi semisal sesi foto preweding, tentu biaya yang ditetapkan juga semakin mahal.

Sesi foto tentunya tidak lengkap jika pengunjung kurang dimanjakan oleh fasilitas yang tersedia. Tenang saja, di Kawah Putih Ciwidey anda tidak perlu khawatir merasa lelah atau kesulitan akses ini-itu. Di tempat ini tersedia lahan parkir yang luas mengingat banyaknya pengunjung yang berdatangan terutama di musim libur.

Sementara itu, bagi Anda yang tidak berkendara, bisa menggunakan ontang-anting alias angkutan khusus yang disediakan oleh pengelola di Ciwidey dengan tujuan langsung ke lokasi kawah putih dan siap mengantar anda naik turun tanpa perlu merasa kelelahan.

Anda yang ingin rehat sejenak setelah lelah beraktifitas juga tidak perlu khawatir karena banyak tersedianya tempat makan dan minum seperti warung, kafe, hingga restoran. Begitu pula dengan banyaknya sarana toilet serta terdapat mushola bagi Anda umat muslim yang ingin menjalankan ibadah.

Tips Mengunjungi Kawah Putih

Berkunjung ke Kawah Putih perlu dilengkapi dengan persiapan matang sebelum berangkat. Sayang kan jika aktifitas Anda jadi terganggu dan tidak nyaman hanya karena ada yang terlupa atau tidak diketahui dengan baik. Berikut ini beberapa tips yang bermanfaat:

  • Siapkan uang cash yang cukup. Mengingat banyak tarif yang dikenakan mulai dari harga tiket masuk perorangan, hingga biaya parkir dan lain sebagainya.
  • Rencanakan waktu berangkat yang tepat agar bisa tiba di lokasi kawah putih saat pagi. Hal ini untuk mengantisipasi kawasan wisata yang sering tertutup kabut tebal atau pun mendadak hujan saat siang. Tidak mau kan, rencana berfoto jadi tertunda dan terganggu?
  • Jangan lupa membawa bekal makanan yang simple seperti snack ringan berupa kue, biscuit dan juga air minum.
  • Jangan sampai melupakan kamera. Terutama bagi Anda yang datang special untuk berfoto cek lagi seluruh kelengkapan peralatan kamera.
  • Pastikan Anda tidak terlalu lama berada di Kawah putih Ciwidey untuk menghindari efek belerang yang terlalu lama terhirup dan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Selamat berwisata!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP