Jika ke Sabang, Jangan Lupa Mampir ke 5 Tempat Ini

Sabang merupakan salah satu kota yang memiliki daya tarik bagi para wisatawan, terutama orang-orang yang menyenangi budaya Aceh. Nah, untuk lebih mengenal lagi bagaimana kehidupan kota Sabang, sebaiknya Anda tidak ketinggalan untuk mampir ke tempat-tempat ini.

  1. Titik Nol Km Indonesia

Kecintaan Anda terhadap negara ini bisa direpresentasikan melalui wisata kota dengan mengunjungi satu tugu yang berada di Kota Sabang. Tugu yang satu ini akan menjadi momen tersendiri yang pasti tidak akan Anda lupakan saat berkunjung ke Tanah Sabang. Hal ini disebabkan oleh reputasi dan sertifikat Km 0 yang telah ditandatangani oleh walikota Sabang.

km-0-aceh-online

Foto : aceh online

Tugu yang satu ini terletak di titik 29 km dari pusat Kota Sabang dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Tugu ini memiliki ketinggian 20 meter dengan cat berwarna merah muda dan krem yang di puncaknya terdapat sebuah garuda tengah mencengkram angka 0 sebagai tanda titik 0 km. Selain itu, ada juga dua buah prasasti yang terdapat di lantai dua tugu, yang ditandatangani oleh Menteri Riset dan Teknologi B.J. Habibie.

Prasasti pertama Tugu Nol Km ini berisi tentang posisi geografis Km 0 Indonesia. Titik nol ini diukur oleh para pakar teknologi dengan menggunakan Global Positioning System (GPS). Sementara itu, prasasti yang kedua berisi tentang angka posisi geografis Km 0.

  1. Tugu Kembar Sabang-Merauke

tugu-kembar-travel-detik-com

Foto : travel.detik

Selain Tugu Nol Km, Anda juga bisa menelusuri jejak Kota Sabang dengan mengunjungi tugu bersejarah lainnya, yaitu Tugu Kembar Sabang-Merauke. Salah satu objek wisata Kota di Sabang ini mempunyai kesamaan dengan tugu yang terdapat di Kota Papua. Kedua tugu ini memiliki bentuk yang sama, namun lokasi yang berbeda sehingga dinamakan Tugu Kembar Sabang-Merauke.

  1. Kota Atas

kota-atas-travel-detik-com

Foto : travel.detik

Bagi Anda yang tidak ingin sekadar jalan-jalan ke Kota Sabang, namun juga ingin memberikan buah tangan untuk orang-orang terdekat, bisa juga mampir ke objek wisata Kota di Sabang yang terletak di Jalan Cut Mutia No. 11 Kota Atas. Di sini, terdapat sebuah toko menarik bernama Piyos Design yang menyediakan berbagai macam suvenir khas Kota Sabang dengan kualitas yang cukup bagus, mulai dari kaos-kaos bercirikhas Sabang, boneka, tas, stiker, sampai gantungan kunci ada di sini.

  1. Museum Abad Kejayaan

Wisata lainnya yang bisa Anda jelajahi saat datang ke Kota Sabang adalah wisata sejarah di Museum Abad Kejayaan. Museum ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Belanda yang berisi informasi dan pengetahuan mengenai kejayaan Sabang pada masa lalu sehingga datang ke sini seperti napak tilas di masa lalu kejayaan Sabang.

Museum ini memang terbilang baru dan masih menerima berbagai macam kontribusi, baik berupa dana maupun bentuk dokumentasi dan benda purbakala yang berhubungan dengan kejayaan Sabang di masa lalu. Di dalam museum juga terdapat teater yang nantinya digunakan sebagai tempat untuk menampilkan film-film dokumenter tentang kejayaan Sabang di masa lalu.

  1. Taman Burung Kota Atas

Jika sudah lelah berjalan-jalan mengelilingi wisata kota di Sabang, saatnya Anda beristirahat di Taman Segitiga Kota Atas yang berada dekat dengan kediaman walikota Sabang. Taman ini merupakan taman hijau yang terbuka dan kemudian dikelola sebagai taman burung dengan fasilitas berupa rumah burung besar, rumah burung kecil, air mancur, dan kursi untuk para pengunjung beristirahat.

Taman Burung ini menyimpan sekitar 300 burung merpati. Di sini, beragam burung merpati bisa menjadi objek fotografi sehingga Anda yang senang dengan dunia tersebut pasti tidak mau melewatkan tempat yang satu ini untuk dikunjungi, kan? Banyaknya jumlah burung merpati yang ada di Taman Burung itu, membuat kita merasa senang dengan hewan bersayap itu. Bahkan kita pun diajak untuk mensyukuri apa yang Tuhan anugerahkan lewat makhluk lainnya.

Nah itulah ulasan mengenai serunya berwisata ke Sabang. Dari beberapa tempat yang sudah disebutkan di atas, objek wisata kota di Sabang yang mana yang paling menarik bagi Anda?

Foto Featured: klik kabar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP