Jelajah Objek Wisata Tanjung Pinang

Sejarah Singkat Tanjung Pinang

Tanjung Pinang merupakan sebuah kota administratif yang berdiri di pulau Bintan dan ditetapkan menjadi ibukota provinsi Kepulauan Riau. Keberadaan Tanjung Pinang sangat vital bagi Indonesia karena kota posisinya yang strategis untuk lalu lintas perdagangan Internasional. Sejak zaman kerajaan Johor berkembang, Tanjung Pinang menjadi sentra perdagangan internasional yang banyak didatangi pedagang-pedagang dari negara-negara Asia seperti Tiongkok, Malaysia, India, dan Pakistan. Bahkan, pedagang-pedagang dari Arab, Inggris, dan Belanda turut terlibat di dalamnya.

Dahulu, orang-orang Malaka banyak yang datang membeli beras. Sedangkan bangsa Indonesia banyak membeli dagangan guci-guci dari pedagang Tiongkok atau kain dari pedagang India. Perbedaan kebutuhan itu yang menciptakan ketergantungan dan rasa saling membutuhkan antara satu sama lain. Jadi, jangan heran jika Anda berkunjung ke Tanjung Pinang, akan sangat mudah menemukan produk-produk luar negeri di jual di sini, terutama makanan ringan.

Objek Wisata

Bagi yang hobi jalan-jalan dan berencana berkunjung ke Tanjung Pinang, objek wisata yang tertera di bawah ini bisa menjadi referensi untuk Anda suatu waktu nanti.

  1. Pantai Trikora

Tidak seru rasanya berlibur tanpa singgah ke pantai. Di Tanjung Pinang terdapat sebuah pantai yang menjadi kebanggaan masyarakat di sana. Pantai Trikora namanya, berjarak sekitar 45 km dari kota Tanjung Pinang dengan waktu tmpuh sekitar 1,5-2 jam. Letak persisnya berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan.

Salah satu keindahan Pantai Trikora terletak pada batu-batu granitnya yang bersusun di bibir pantai.  Juga, butiran pasir putihnya yang halus dan terasa lembut di kaki, serta air lautnya jernih. Kalau takut gosong dijilat matahari, silakan berteduh di pondok-pondok yang terdapat di sekitar pantai.

  1. Masjid Raya Dompak

Sedikit beregeser dari kota Tanjung Pinang, terdapat sebuah pulau gersang yang dinamakan Pulau Dompak. Meski gersang, namun ada sebuah spot wisata yang sayang untuk dilewatkan. Sebuah Masjid Raya Dompak, seakan-akan menjadi oase di antara gersangnya Pulau Dompak.

Menara masjid tampak jelas dari kejauhan karena masjid ini dibangun pada dataran tertinggi Pulau Dompak. Banyak wisatawan asing menyempatkan diri menyinggahi masjid ini untuk membasuh jiwa-jiwa yang kerontang. Di waktu-waktu tertentu pengelola membuka menara masjid untuk umum. Pengunjung yang berkesempatan naik, dapat memandang seluruh daratan Pulau Dompak dan Tanjung Pinang yang terhubung dengan sebuah jembatan.

  1. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva

Pada tahun 2010, sebuah vihara dibangun di wilayah perbukitan sebelah barat kota Tnajung Pinang. Tujuan utama pendirian vihara ini jelas untuk peribadatan umat Buddha. Tapi siapa sangka, karena vihara ini memiliki arsitektur yang memesona, orang yang datang ke sini bukan hanya umat Buddha yang beribadah, melainkan masyarakat umum dan wisatawan luar.

Pusat perhatian pertama pengunjung Vihara Ksitigarbha Bodhisattva tertuju pada patung 1.000 wajah. Patung ini aslinya hanya berjumlah 500 buah dengan ketinggian yang berbeda-beda (antara 1,7 meter hingga 2 meter), namun “ajaibnya” bisa menampilkan ekspresi yang berubah-ubah. Selain itu, suasana alam di sekitar vihara miri-mirip suasana vihara di negeri tirai bambu yang tenang dan beranging-angin.

Kuliner Khas Tanjung Pinang

Selama berada di Tanjung Pinang, jangan lupa mencicipi aneka kuliner khasnya, seperti:

  • Otak-otak. Makanan ini terbuat dari daging ikan atau cumi-cumi segar yang dilumatkan dan diadon bersama sedikit tepung, lalu dibungkus dengan daun pisang baru kemudian dipanggang.
  • Mie Lendir. Mie kuning besar yang disiram dengan kuah kacang yang kental. Dilengkapi dengan irisan telur, toge, cabe rawit, dan bawang goreng.
  • Gonggong. Sejenis keong laut yang rasa dagingnya seperti cumi-cumi. Dimakan dengan cara disedot atau dikeluarkan dengan bantuan tusuk gigi.

Demikian informasi seputar objek wisata di Tanjung Pinang yang dapat kami hadirkan untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Pemilik Foto: http://jalan2.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP