Jelajah Betawi di Kota Tua

Apakah Anda tinggal di ibukota dan bingung menentukan ke mana harus rehat sejenak dari rutinitas saat akhir pekan menjelang? Meskipun sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun objek wisata Kota Tua sepertinya tidak pernah membosankan. Apalagi bagi Anda yang jarang mengunjunginya.

Objek wisata yang memiliki lahan seluas 1,3 kilometer persegi ini memang menyajikan segala sesuatu yang berhubungan dengan sejarah Betawi atau Kota Jakarta. Kota Tua sendiri dulunya dikenal dengan sebutan Batavia Lama sehingga tidak heran jika pada abad ke-16, wilayah ini dijadikan sebagai pusat pemerintahan bagi VOC serta dijadikan sebagai pusat perdagangan wilayah Asia dan dikenal dengan sebutan Permata Asia.

Oleh karena itu, di Kota Tua terdapat beberapa bangunan megah yang sampai saat ini masih dipertahankan dan dijadikan sebagai museum, mulai dari Museum Wayang, Museum Fatahilah, Museum Pos, dan Museum Bank Mandiri.

Dengan mengunjungi seluruh museum tersebut, maka pengunjung bisa memperoleh informasi mengenai sejarah Betawi di masa lampau hingga saat ini. Untuk masuk ke museum-museum tersebut, Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah.

Tempat Selfie di Kota Tua

Saat melihat kemegahan yang historis dari bangunan yang ada di Kota Tua, pasti Anda ingin langsung berfoto di hadapannya kan? Namun, bukan bangunan tua saja yang bisa menjadi teman sefie Anda. Objek wisata Kota Tua juga menawarkan banyak hal untuk didokumentasikan, mulai dari meriam yang berdiri di dekat Lapangan Fatahilah, para street art None Belanda dan prajurit Belanda, sampai sepeda ontel yang memang secara khusus disewakan bagi para pengunjung Kota Tua.

Di sini, para perempuan dapat membeli topi-topi none Belanda atau payung-payung yang disediakan di sana, lalu berfoto sambil menikmati sepeda ontel yang disewakan sebesar 20 ribu rupiah. Dengan menyewa sepeda, maka Anda bisa menggunakannya untuk berkeliling Kota Tua sepuasanya.

Sementara itu, berfoto bersama manusia batu berpakaian None dan tentara Belanda, serta ondel-ondel sebagai identitas budaya Betawi semakin mengukuhkan nilai historis dari Kota Tua ini. Sebagai ikon Kota Jakarta, Kota Tua juga menghadirkan street art dengan munculnya beberapa patung ondel-ondel berukuran besar yang bisa dijadikan sebagai latar untuk berfoto. Untuk bisa berfoto dengan mereka, Anda dapat memberikan uang berapa saja karena tidak ada patokan harga agar bisa berfoto dengan mereka.

Di depan kotak para manusia batu berpakaian None dan tentara Belanda, serta ondel-ondel ini terdapat kotak yang disediakan bagi Anda yang ingin mengapresiasi mereka lewat beberapa lembar rupiah.

Museum Baca di Kota Tua

Bagi Anda yang benar-benar ingin mengetahui sejarah Betawi hingga menjadi Kota Jakarta, dapat langsung mampir ke sebuah tempat baca yang dinamakan perpustakaan Fatahilah. Perpustakaan ini didirikan dengan berbentuk sebuah tenda di lapangan Fatahilah dan memuat beragam buku, mulai dari buku sejarah, kebudayaan, pariwisata, ekonomi, sampai komik edukasi untuk anak.

Selain beragam buku yang terpampang di rak baca, di dalam tenda museum baca ini Anda juga bisa menikmati istirahat sejenak karena terdapat beberapa kursi yang cukup nyaman bagi para pengunjung perpustakaan.

Salah satu buku yang pasti menarik bagi para pecinta sejarah adalah buku tentang sejarah Kota Jakarta yang dimulai dari masa penjajahan Belanda hingga saat ini. Buku ini tidak menyajikan informasi melalui tulisan saja, melainkan juga melalui foto-foto Kota Jakarta di masa lalu.

Pertunjukan Debus

Selain museum atau perpustakaan, ada juga satu atraksi menarik yang bisa Anda nikmati saat datang ke Kota Tua, yaitu pertunjukan debus yang dibawakan tidak hanya oleh orang tua tapi juga oleh anak-anak. Sama seperti street art lainnya, Anda juga hanya perlu memberikan apresiasi seikhlasnya untuk menikmati pertunjukan seni yang satu ini.

Banyaknya yang bisa kita lihat di Kota Tua, membuat kita secara tidak langsung mencintai budaya negeri ini. Jadi, menarik kan jalan-jalan jelajah Betawi di Kota Tua? Luangkan waktu sekarang juga untuk bernostalgia di objek wisata Kota Tua, yuk!

Foto Featured : Jakarta traveller

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP