Gudeg, Warisan Wisata Kuliner Khas Jogjakarta

Jogja atau Yogyakarta merupakan kota pelajar dimana berdiri ratusan perguruan tinggi seperti UGM dan lainnya. Jogja juga memiliki tempat wisata yang terkenal hingga ke mancanegara seperti Jln. Malioboro, Keraton, Parang Teritis dan lainnya. Bahkan, tidak sedikit jumlah kampung turis yang ada di Jogja. Para turis juga tertarik dengan wisata kuliner khas Jogja yakni gudeg. Nama makanan ini bahkan sudah terkenal hingga ke luar negeri. Tidak sedikit dari wisatawan asing yang datang ke Jogja dan menyempatkan untuk menyantap makanan khas nenek moyang Jogja ini.

Wisata Kuliner Gudeg Jogja

Jogja memang menyimpan warisan leluhur yang tetap dijaga hingga generasi sekarang. Tidak hanya tentang kebudayaan dan adat istiadat yang berhubungan dengan Keraton melainkan juga makanan seperti Gudeg yang tetap dilestarikan hingga detik ini. Makanan dengan bahan dasar nangka yang masih muda ini bahkan sudah menjadi ikon kota Jogja. Tidak mengherankan jika ada yang mengatakan belum pernah ke Jogja jika belum mencicipi makanan khas ini. Ini karena sangat lekatnya nama makanan ini dengan Jogja.

Bagi para pendatang termasuk mahasiswa yang datang untuk kuliah di Jogja dan juga turis asing yang ingin menjelajahi berbagai tempat wisata yang ada di Jogja, memang seharusnya mencoba untuk mencicipi makanan dengan kuah santan ini. Rasanya juga khas dengan lidah orang Jogja yang suka dengan rasa manis. Untuk pertama kalinya, Anda mungkin agak sedikit heran karena ada masakan dengan rasa yang sedikit manis. Namun, jika sudah terbiasa, lidah Anda tidak akan pernah berhenti untuk menolaknya.

Makanan khas Jogja ini sering disajikan di pagi hari oleh mereka yang berusia sudah lanjut. Artinya, banyak pedagang Gudeg yang usianya sudah sangat lanjut atau sebutannya sepuh khususnya nenek-nenek. Ini karena makanan khas Indonesia yang satu ini sudah ada dari zaman Keraton berjaya dan belum ada nama Indonesia. Bahkan, ada pedagang yang sudah memulai berjualan dari zaman penjajahan dan dulu konsumen mereka adalah orang-orang Belanda dan lainnya.

Memang, perjalanan makanan ini sudah lintas generasi. Ini karena rasa dan resep serta bumbu yang digunakan masih asli dan alami. Namun, setiap para penjual gudeg ini memiliki cita rasa masing-masing. Kebanyakan, mereka berjualan saat pagi-pagi hari. Kendati penjualnya adalah nenek-nenek dan membuka dagangan dengan mengelar tikar di pinggir jalan, tidak membuat pembeli sepi. Rasanya yang khas dan terus dijaga dari zaman dulu, membuat Anda seperti merasakan makanan yang disajikan di zaman dahulu.

Kreasi Wisata Kuliner Gudeg

Makanan ini dibuat dengan bahan dasar nangka muda dan gula merah yang akan membuat rasanya cukup manis. Ada juga sambal krecek yang menjadi ciri khas dari makanan ini. Krecek ini bahkan hanya ditemui pada makanan atau masakan Gudeg saja. Rasa dari krecek sendiri sedikit kenyal tapi enak. Ditambah dengan beberapa makanan lain seperti tempe goreng, tahu goreng, telur rebus atau telur bacem, dan ayam goreng. Sebagai pelengkap, biasanya disajikan dengan kerupuk kulit.

Kreasi makanan ini sudah menjalar ke pebisnis muda yang ingin menjajal kesuksesan dengan menjual makanan khas Jogja ini. Banyak tempat makan yang besar yang menyajikan menu ini terutama tempat makan di Jogja. Bahkan, ada tempat makan yang hanya menyajikan menu ini. Untuk mereka yang mencoba bisnis ini dengan sistem yang lebih modern, mereka juga menjualnya secara online. Ini karena bisnis makanan unik ini sangat laris manis baik untuk warga Jogja sendiri, warga pendatang dan juga wisatawan.

Untuk menikmati Gudeg, sebaiknya memang menikmatinya saat pagi hari saat suasana Jogja masih cukup dingin. Disajikan dengan nasi atau lontong yang dipotong-potong dan ditambah dengan cabai atau sambal serta kacang goreng, bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda mungkin bisa mencoba sendiri untuk membuat masakan ini di rumah. Hanya saja, untuk bumbu dengan krecek ini cukup sulit jika tidak dipelajari secara serius. Inilah sebabnya, kenapa tidak semua warga Jogja juga bisa membuatnya kendati makanan ini adalah makanan khas mereka sendiri.

Jika Anda di Jogja, akan sangat mudah menjumpai penjual masakan ini terutama di pagi hari. Ini karena banyak penjual yang hanya menjual untuk warga sekitar seperti di sekitar kost-kostan atau perumahan yang hanya menjual di pagi hari saja. Mendekati jam 8 atau 9, sudah cukup sulit mencarinya. Namun, jika Anda datang ke restoran atau tempat makan yang memang menyajikan menu ini, Anda masih bisa menikmatinya. Untuk harganya juga bervariasi tapi terjangkau.

Jadi, jika saat ini Anda sedang berburu tempat wisata atau makanan khas Indonesia untuk dinikmati atau ditiru resepnya kemudian dijual kembali, jangan lupa untuk sisipkan nama masakan khas Jogja ini. Cobalah untuk mencicipi makanan ini dari berbagai tempat yang cukup terkenal di Jogja yang menyajikan gudeg dengan cita rasa yang khas hanya untuk membandingkan mana yang terbaik rasanya. Yah, wisata kuliner yang satu ini memang kudu dicoba. Itulah alasan kenapa banyak juga wisatawan asing yang rela datang ke Jogja dan mencoba untuk menikmati makanan lokal khas kota pelajar ini.

Pemilik Foto : www.kitabmasakan.com

 

4 Comments

  1. Terima kasih untuk resepnya.

  2. Wood says:

    Artciles like this just make me want to visit your website even more.

  3. Oi oi – god tur og lykke til pÃ¥ din ferd. Vær snill med Etterstad da og hils fra meg sa denne mormoren til den andre Inger (mormoruniverset) recently posted..

  4. When I lived in DC it was wise to let fear take over. Wrong street, wrong person – it could be costly, especially since we weren’t armed.Since I carry 100% of the time now, and because I want to AVOID an armed encounter, I survey my area much more diligently and cautiously than I did when not armed. It works opposite of what many think – you are LESS cavalier when armed and more careful.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP