Eksplorasi Wisata Air Maluku

Maluku, sebuah provinsi di bagian timur Indonesia yang terkenal di dunia internasional. Maluku telah terekam dalam sejarah peradaban dunia semenjak ratusan tahun silam. Namanya tercantum sebagai Moluccas/Molukken, dalam catatan kuno berupa tablet yang terbuat dari tanah liat dan ditemukan di Mesopotamia, Persia, serta Maluku. Dalam catatan tersebut, tertulis bahwa Maluku merupakan provinsi yang kaya akan hasil bumi dan tambang, seperti pala, cengkeh, dan intan.

Dari tahun ke tahun, Maluku, khususnya Ambon, terus berbenah dan mengalami kemajuan di berbagai sektor. Pusat-pusat  wisata mendapat perhatian besar dari pemerintah karena ini dianggap sebagai salah satu potensi mendatangkan wisatawan dari mana saja, terutama wisatawan asing. Tidak mengherankan jika kemudian Ambon diapresiasi sebagai kota Internasional di Indonesia Timur.

Objek wisata yang paling mencolok dari Maluku adalah wisata airnya. Maluku memiliki banyak sekali laut-laut yang indah, bersih dan terawat. Beberapa di antaranya seperti:

  1. Nusa Pombo

Nusa Pombo, merupakan pulau yang tidak berpenduduk sama sekali. Wisatawan asing menyebutnya “Virgin Island”, karena kemurnian alamnya masih sangat terjaga. Nusa Pombo dapat ditempuh melalui perjalanan menggunakan speed boat dari pelabuhan Ambon. Karena pulau ini tidak berpenghuni, maka sudah pasti tidak ada aktivitas manusia di dalamnya. Pengunjung yang ingin menjelajahi tempat ini, sangat disarankan membawa perbekalan, tenda, senter, dan perlengkapan lain yang dirasa perlu.

Selama berada di sini, pengunjung bisa tracking menjelajahi pulau, sun bathing di tepi laut, berenang, diving, dan memancing. Yang perlu diingat, meski Nusa Pombo tidak berpenghuni, namun pengunjung diharuskan tetap menjaga kebersihan. Sangat dilarang merusak tanaman, membunuh hewan-hewan di dalamnya.

  1. Pantai Liang

Pantai Liang berada Kecematan Salahutu atau sekitar ± 40 KM dari pusat kota Ambon. Keindahan Pantai Liang tidak perlu diragukan, sebab tahun 1991 PBB pernah menobatkan pantai ini sebagai pantai terindah di Indonesia.  Siapa saja yang berkesempatan mengunjungi Pantai Liang dijamin betah berlama-lama merasakan empuk, hangat dan bersihnya hamparan pasir putih. Air lautnya jernih dan tenang. Ombaknya juga tidak terlalu tinggi. Sehingga tidak terlalu mencemaskan jika ingin berenang atau sekadar bermain-main air. Di sekitar pantai, berjejer warung-warung yang menyediakan berbagai jenis makanan ringan dan berat. Jadi, pengunjung yang tidak membawa bekal tidak perlu takut kelaparan selama berada di Pantai Liang.

  1. Pantai Natsepa

Masih berada dalam satu kecamatan yang sama dengan Pantai Liang, terdapat pantai yang tidak kalah elok, yaitu Pantai Natsepa. Di sini pengunjung bisa melihat langsung keindahan bawah laut dari permukaan air. Selain itu, tersedia perahu-perahu sewa yang akan membawa pengunjung menyusuri laut. Di atas perahu, pengunjung bukan hanya bisa melihat-lihat sekeliling laut, tapi juga memancing atau mengabadikan objek-objek keren melalui kamera. Saat di sini, jangan lupa mencoba rujak Natsepa dan singgah di pasar seafoodnya yang berjarak 700 meter juga ya.

  1. Pantai Pintu Kota

Dinamakan Pantai Pintu Kota karena di pantai ini banyak sekali tebing-tebing karang yang menyerupai gerbang raksasa. Pantai Pintu Kota memang identik dengan tebing-tebingnya yang eksotis. Saat langit jingga mulai menua dan cahaya matahari jatuh ke bebatuan, batu tampak seperti dibalur cairan tembaga yang mengilap dan kemerah-merahan.

Pantai Pintu Kota bukan hanya menjadi sasaran tuju untuk bersantai saja, melainkan lokasi yang banyak dipilih untuk pemotretan.

  1. Pemandian Air Panas Tulehu

Penat mengeksplorasi tanah Maluku, kini waktunya pengunjung merenggangkan otot di Pemandian Air Panas Tulehu. Lokasinya hanya berjarak 30 KM dari pusat Ambon. Terdapat dua kolam besar dengan suhu berbeda. Masyarakat setempat meyakini, berendam rutin di sini dapat menyembuhkan rematik dan sakit kulit.

Sehabis berendam, perut pasti terasa lapar. Silakan mampir dulu ke kantin-kantin di sekitar area pemandian untuk menikmati sajian makanan hangat yang tersedia, seperti ketela rebus, jagung bakar, atau mie rebus.

Demikian objek wisata air yang ada di Maluku. Tertarik? Jadwalkan liburan Anda mulai dari sekarang!

Pemilik Foto : http://www.telusurindonesia.com/pulau-nusa-pombo.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP