Destinasi Wisata Menawan Pulau Penyengat

Untuk meningkatkan pendapatan dalam negeri Indonesia dari sektor pariwisata, bukan hanya bisa diperoleh dari objek-objek wisata pada kota-kota besar yang telah umum diketahui khalayak ramai. Banyak daerah-daerah kurang “dijamah” oleh pemerintah pusat dan setempat, sehingga keberadaan objek-objek wisata yang ada di dalamnya menjadi terabaikan dan kurang dikenal. Salah satu contoh adalah Pulau Penyengat.

Pamor Pulau Penyengat kalah jauh dari popularitas Pulau Mentawai, Bangka Belitung, dan Gili Trawangan. Orang yang pernah berkesempatan mengunjungi Batam atau Tanjung Pinang, bahkan tidak selalu tahu bahwa ada sebuah pulau terdekat yang layak untuk dikunjungi. Semua ini dikarenakan, pemerintah serta peran masyarakat setempat yang kurang gencar melakukan promosi daerahnya sendiri. Padahal, Pulau Penyengat memiliki daya tarik yang tidak kalah menawan dibandingkan dengan pulau-pulau lain di Indonesia.

Pulau Penyengat terletak 6 kilometer dari Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, atau sekitar 35 km dari Kota Batam. Dapat ditempuh dengan perahu mesin (pompong) dalam durasi kurang dari 1 jam.  Bentangan pulau ini tidak seberapa luas, hanya berkisar ± 3,5 kilometer. Meski berupa pulau kecil, namun Pulau Penyengat menyimpan banyak sekali sejarah peradaban kerajaan-kerajaan Melayu Riau sekaligus menjadi pulau andalan bagi Kepualauan Riau. Panorama alamnya memesona dan penuh ketengangan. Untuk yang ingin menjauh sementara waktu dari hingar-bingar kehidupan kota, Pulau penyengat cocok dijadikan alternatinf untuk liburan sekaligus menenangkan diri.

Ada beberapa spot wisata di Pulau Penyengat yang memiliki daya tarik tersendiri dan sayang untuk dilewatkan, antara lain:

  1. Masjid Raya Sultan Riau

Ikon utama Pulau penyengat tak lain adalah Masjid Raya Sultan Riau. Masjid  bersejarah ini dibangun oleh  Yang Dipertuan Muda VII Raja Abdul Rahman pada tahun 1832. Bagian luarnya didominasi dengan rwana kuning muda, suatu pilihan warna yang sanagta menguntungkan. Sebab, di bawah terik matahari, masjid ini tampak memancar-mancar. Sedangkan pada malam hari, kemegahan masjid ini bertambah elok di bawah terpaan sinar lampu keemasan.

 Pada bagian pelataran luar, dibuat dengan desain berjenjang-jenjang. Sehingga, dari kejauhan bangunan masjid tampak tinggi. Bentuk kubahnya unik, mengingatkan kita pada bentuk bawang. Menjejak ke dalam ruangan utama, kita dapat melihat sebuah Al-Quran yang ditulis secara manual (tulisan tangan) karya Abdurrahman Stambul. Konon, untuk menjaga ketapatan, Abdurrahman Stambul membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengerjakannya.

Keunikan lain dari Masjid Raya Sultan Riau terletak pada bahan baku bangunan. Masjid ini dibangun tanpa menggunakan semen. Batu bata disusun dan direkatkan dengan menggunakan berliter-liter putih telur yang dicampur dengan tanah liat dan pasir. Konon, putih telur dapat mempunyai daya rekat yan lebih kuat dibandingkan semen. Terbukti hingga detik ini, Masjid Raya Sultan Riau memang masih berdiri kokoh.

  1. Istana Kantor

Beranjak dari Masjid Raya Sutan Riau, wisatawan dapat menjejakkan kaki ke Istana Kantor. Istana Kantor merupakan komplek istana yang terdiri dari rumah raja dan kantor pemerintahan. Saat terjadi perang, Istana Kantor dihancurkan oleh Belanda. Sampai saat ini yang tersisa hanya bagian depannya saja, sedangkan pada bagian belakang hanya tinggal berbentuk sisa-sisa reruntuhan. Sangat disayangakan, kondisi Istana Kantor seperti kurang terawat.

  1. Bukit Kursi

Bukit Kursi adalah benteng yang dibuat untuk melindungi bangsa Melayu dari serangan musuh. Di sini tersimpan cukup banyak alat ledak (meriam) berbagai ukuran. Wisatawan juga dapat melihat bagaimana bukti sejarah berupa gudang mesiu dan parit pertahanan.

  1. Balai Adat

Balai adat hampir mirip dengan museum. Koleksi di dalamnya terdiri dari replika pelaminan tradisonal Melayu, pakaian pengantin melayu lengkap dengan segala atributnya, serta makam tokoh besar Raja Ali Haji yang semasa hidupnya merupakan seorang pahlawan, bangsawan, dan penyair gurindam 12.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata yang dapat dijumpai di Pulau Penyengat. Harapan kita semua, pulau indah ini akan semakin dikenal dan ramai dikunjungi wisatawan. Sehingga dapat memberi imbas positif bagi perekonomian penduduk setempat dan pendapatan domestik negara.

Pemilik Foto : http://oldlook.indonesia.travel/id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP