Asinan Betawi, Kesegaran di Tengah Hiruk Pikuk Kota Jakarta

Kalau mendengar kata Jakarta disebutkan, maka yang terbayang adalah langitnya yang berwarna kelabu, udara kotanya yang panas, jalanan yang macet, hiruk pikuk masyarakatnya yang tiada henti sepanjang hari. Namun siapa sangka, di tengah kegersangan suasana seperti itu, Jakarta juga tetap mengisahkan kesegaran tersendiri.

Yup, lewat asinan betawilah kesegaran itu bisa kita dapatkan di Jakarta. Apakah Anda pernah merasakan lezat dan segarnya asinan betawi? Jika belum pernah, maka apabila ada kesempatan berkunjung ke Jakarta, jangan lupa untuk membeli dan mencicipi asinan ini.

Tempat Mendapatkan Asinan Betawi

Untuk mendapatkan asinan betawi, Anda tidak perlu pusing. Di Jakarta ada beberapa toko makanan, yang memang menjual asinan betawi ini. Walaupun memang di pinggir-pinggir jalan pun sering ada yang menjualnya menggunakan gerobak. Tapi seringkali kita akan kecewa dengan rasanya, jika kita membelinya di tempat yang salah.

Apabila Anda ingin mendapatkan asinan betawi yang pasti enak dan lezat, maka Anda bisa datang ke beberapa toko makanan yang menjual asinan ini, dua di antaranya adalah asinan Kamboja Haji Mansyur yang terletak di Rawamangun, dan asinan betawi Ibu Yenni di Jakarta Selatan.

Seporsi asinan betawi harganya bervariasi, tergantung di mana kita membelinya, ada pedagang yang menjual 12 ribu per bungkusnya, ada pula yang menjual hingga 30 ribu rupiah. Tentunya harga yang ditawarkan biasanya sebanding dengan kualitas dan banyaknya asinan betawi dalam tiap porsinya.

Sensasi Makan Asinan Betawi di Siang Hari

Apabila Anda tinggal di Jakarta, maka Anda sering merasakan betapa panasnya kota ini di siang hari. Dan ketika matahari sedang terik-teriknya, lalu ada sebungkus asinan betawi di depan mata, maka bisa dipastikan rasa panas itu akan teralihkan oleh kesegaran sayuran yang ada di dalam bungkus asinan tersebut.

Dan kesegaran ini makin bertambah dengan kenikmatan ketika Anda memakan asinan betawi ini, rasa segar dari sayurannya ditambah bumbu asinannya yang lezat dan punya cita rasa segar tersendiri, makin membuat siang Anda di Jakarta makin indah untuk dijalani.

Bahan dan Cara Membuat Asinan Betawi

Berbicara mengenai kesegaran asinan betawi, maka ini sangat erat kaitannya dengan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat asinan betawi ini. Perlu Anda tau, bahwa sayuran yang digunakan untuk asinan betawi ini semuanya adalah sayuran mentah,  yang terdiri dari, selada air, timun, bengkoang, kol segar, wortel, tahu putih dan lain sebagainya.

Sedangkan bumbu untuk membuatnya tidak jauh berbeda dengan bumbu gado-gado, namun bedanya, bumbu asinan betawi ini menggunakan cuka dan ebi, sehingga rasanya menjadi khas dan segar. Cara membuat asinan betawi ini pun cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan semua bumbu, jika sudah halus, maka bisa disiramkan ke sayuran yang sudah diracik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP