Aneka Makanan Khas Lombok yang Terkenal Lezat dan Menggugah Selera

Wisata alam yang indah, tradisi budaya yang menarik, dan aneka cerita rakyat yang ada di Lombok, memang sudah banyak di bicarakan dan di kagumi para traveler. Namun, tentunya bukan hanya itu saja pesona dari pulau ini. Karena seperti kebanyakan tempat wisata lainnya, pulau Lombok juga punya banyak makanan khas yang tentunya sangat lezat dan memounyai keunikan tersendiri.

5 Makanan Khas Lombok yang Lezat Menggugah Selera

  1. Sate Bulayak Narmada

Bulayak merupakan sejenis lontong yang dibungkus dengan daun aren atau enau, dan bentuknya di buat agak memanjang. Memang hampir sama seperti lontong, namun rasa bulayak lebih lembut dan gurih. Masyarakat setempat biasanya menyajikan bulayak dengan sate atau jeroan yang berbumbu khas Sasak di tambah dengan perasan air jeruk nipis serta sambal. Perpaduan antara sate dan bumbunya yang pas itulah yang membuat kebanyakan wisatawan jadi ketagihan.

  1. Plecing Kangkung

 plecing

Tidak seperti kangkung pada umumnya, untuk memasak plecing kangkung khas Lombok memerlukan kangkung yang di tanam di sungai yang mengalir dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan kangkung yang berbatang besar dan renyah. Selain itu, plecing kangkung ini dipadukan dengan sambal yang terbuat dari tomat, cabai rawit, serta terasi lengkare yang terkenal gurih dan manis.

  1. Sate Rembiga

sate_rembiga

Sate Rembiga merupakan sate khas Lombok yang memiliki cita rasa yang berbeda dari sate-sate biasanya. Di namakan Rembiga karena berasal dari sebuah nama desa yang dekat dengan bekas Bandara Selaparang. Sebelum di bakar, daging sate dipotong kecil-kecil kemudian di rendam dengan bumbu selama 3 jam. Hal ini yang membuat rasa sate berbeda dari biasanya. Dan warung sate rembiga yang terkenal di Lombok akan citarasanya berada di jalan Dakota nomor 2 Rembiga, Mataram.

  1. Ayam Taliwang

ayam taliwang

Rasanya kurang lengkap bila pergi ke Lombok tanpa mencicipi hidangan Ayam Taliwang. Kuliner Ayam Taliwang yang merupakan ciri khas kuliner Lombok ini menggunakan ayam kampong yang masih muda sehingga rasa daging yang masih empuk dan terasa lebih manis. Cara memasak Ayam Taliwang ini biasanya ada yang di goreng ataupun di bakar dengan kayu nangka atau kayu kopi. Jenis kayu ini di pilih karena di yakini akan menguatkan aroma yang lebih enak dan menggugah selera. Dan dari sekian banyak rumah makan di sana, salah satunya yang menjadi favorit adalah  Rumah Makan Ayam Bakar Taliwang Irama di kawasan Cakranegara, atau di Warung Bang Udin yang lokasinya tidak jauh dari sana.

  1. Nasi Balap Puyung

nasi_balap_puyung

Aneka kuliner khas Lombok berikutnya adalah nasi balap puyung. Rasanya yang pedas dengan bumbu yang khas, membuat masakan ini banyak di gemari oleh semua kalangan. Sebenarnya isi dari nasi Balap Puyung ini cukup sederhana, yaitu suwiran daging ayam yang dimasak dengan cabai, taburan udang kering, kacang kedelai, abon, dan belut goreng. Namun karena di olah dengan bumbu yang pas, di tambah lagi rasa pedas di dalamnya, membuat makanan ini benar-benar bikin ketagihan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP