8 Tempat Wisata Terkenal di Sumatra Utara

Sumatra Utara yang beribukota di Medan adalah satu dari sekian destinasi wisata favorit di Indonesia. Sumatra Utara banyak dikunjungi oleh wisatawan karena di daerah ini ada banyak objek wisata menarik untuk didatangi. Sarana prasarana dan transportasi yang semakin baik membuat wisatawan semakin suka berkunjung ke Sumatra Utara.

Di kota Medan sendiri, ada beberapa objek wisata terkenal dan salah satunya adalah Istana Maimun. Selain itu, tentu saja masih ada banyak objek wisata menarik lainnya berupa objek wisata alam, objek wisata budaya, dan objek wisata kuliner yang bisa dinikmati.

Berbicara mengenai akomodasi, di Sumatra Utara ada banyak tempat di mana isatawan bisa menemukan penginapan atau hotel. Mulai dari di Kota Medan, di sekitar Danau Toba, hingga Pematangsiantar.

Bagi Anda yang tertarik dengan berbagai informasi seputar objek wisata terkenal di Sumatra Utara, berikut adalah ulasan mengenai tempat-tempat wisata menarik di sana.

Danau Toba

Daya tarik utama Sumatra Utara adalah Danau Toba yang dikenal sebagai destinasi wisata alam terbaik.

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara yang lebarnya mencapai 30 km dan panjangnya mencapai 100 kilometer.

Pemerintah daerah Sumatra Utara saat ini terus mengembangkan objek wisata Danau Toba, terutama dengan meningkatkan pelayanan transportasi dari bandara menuju danau agar wisatawan bisa lebih mudah mengakses Danau Toba.

Air Terjun Sipiso-piso

Wisata alam lainnya yang terkenal dan populer di Sumatra Utara adalah Air Terjun Sipiso-piso yang berada di Kabupaten Karo.

Air terjun ini tepatnya berada di Desa Tongging. Dikenal sebagai salah satu air terjun tertinggi di Sumatra Utara dengan pemandangan alam yang indah. Konon, air terjun ini dinamakan Air Terjun Sipiso-piso karena air yang mengalir sangat deras hingga orang yang berada di bawahnya akan merasakan derasnya curah air terjun tersebut layaknya pisau yang menikam.

Mesjid Raya di Medan

Selain objek wisata alam di Sumatra Utara, juga ada objek wisata religi yang banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama traveler muslim. Salah satunya Masjid Raya Medan yang pembangunannya sudah dimulai sejak tahun 1906.

Daya tarik utama objek wisata religi berupa masjid tersebut adalah arsitektur bangunannya yang terlihat sangat unik dan berbeda dari kebanyakan masjid di Indonesia.

Ya, Masjid Raya Medan memang dibangun dengan arsitektur campuran: India, Melayu, Timur Tengah, dan Spanyol.

Salju panas

Salju panas mungkin masih terdengar aneh dan asing di telinga Anda. Karena pada umumnya salju sudah pasti akan terasa dingin bukan? Berbeda dari salju pada umumnya, objek wisata salju panas yang berada di daerah Dolok Tinggi Raja adalah perbukitan kapur yang berwarna putih yang menyerupai danau salju.

Yang unik, di tengah-tengah ladang kapur tersebut terdapat sumber air panas, sehingga banyak orang menyebut tempat ini dengan istilah salju panas.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah obyek wisata yang lumayan terkenal di Sumatra Utara. Namun sayangnya, medan yang akan dilalui untuk bisa sampai di objek wisata ini masih belum terlalu baik sehingga sedikit menyulitkan bagi para wisatawan yang ingin menyaksikan dari dekat fenomena alam tersebut.

Tangkahan di Taman Nasional Gunung Leuser

Sumatra memiliki kekayaan alam yang berlimpah dan dikaruniai dengan keindahan, sehingga ada banyak tempat di mana kita bisa menyaksikan panorama yang cantik dan mempesona.

Salah satu tempat cantik tersebut adalah di Tangkahan yang berlokasi di Taman Nasional Gunung Leuser. Tangkahan menawarkan pemandangan khas hutan tropis dengan kontur perbukitan dan udara yang sejuk, lengkap dengan berbagai objek menarik seperti gajah, goa-goa kelelawar, air terjun, dan pemandangan alam indah.

Istana Maimun

Jika berbicara mengenai objek wisata paling populer atau objek wisata paling terkenal di Sumatra, Istana Maimun pasti adalah salah satunya.

Istana Maimun dikenal sebagai ikon wisata kota Medan. Bangunan istana yang sudah ada sejak tahun 1946 ini dahulunya digunakan oleh Kesultanan Deli dalam memimpin pemerintahan.

Daya tarik utama Istana Maimun adalah sejarah dan arsitektur bangunannya yang unik. Baik eksterior maupun interior, semuanya sangat menarik. Tidak ketinggalan di sana juga terdapat berbagai benda peninggalan sultan dan keluarganya.

Taman Nasional Gunung Lengser

Jika sebelumnya kita berbicara mengenai Tangkahan yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser, maka pada poin ini kita akan berbicara mengenai pemandangan alam secara keseluruhan dari taman nasional yang berada di dua provinsi tersebut, yaitu di Aceh dan Sumatra Utara.

Taman Nasional Gunung Lengser adalah destinasi wisata alam di Sumatra Utara yang menawarkan pemandangan berupa aneka ragam flora dan fauna serta pemandangan alam yang eksotis.

Kampung madras di Medan

Di Medan, ada sebuah kampung yang dijuluki Kampung Madras atau Kampung Keling yang penduduknya rata-rata adalah orang yang datang dari keling (India). Di tempat ini, sebagian besar masyarakatnya memeluk agama Hindu.

Bagi masyarakat Medan dan wisatawan dari luar daerah, Kampung Madras sering dijadikan sebagai destinasi wisata kuliner, karena di sana, ada banyak warung dan restoran di mana kita bisa merasakan nikmatnya kuliner khas India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP