8 Tempat Wisata Menarik di Sumatra Barat

Indonesia adalah negara kepulauan. Banyaknya pulau-pulau yang dipisahkan oleh laut membuat kekayaan alam dan budaya serta tempat wisata di negara ini berlipah ruah dan tersebar dimana-mana. Salah satu daerah yang sering dijadikan sebagai destinasi wisata adalah Sumatra Barat.

Di Sumatra Barat, ada banyak tempat wisata yang menarik dan terkenal untuk dikunjungi. Diantaranya adalah:

  • Objek wisata Danau Singkarak
  • Objek wisata Jam Gadang di Bukittinggi
  • Objek wisata Lembah Anai di Padang Panjang
  • Jembatan Aakar di pesisir selatan
  • Pantai Gondariah di Pariaman
  • Taman Margasatwa Kinantan di Bukittinggi
  • Istana Basa Pagaruyung, Tanah Datar
  • Danau Maninjau di Agam, dan lain-lain

Transportasi menuju Sumatra Barat

Untuk bisa sampai di Sumatra Barat, Anda bisa menggunakan transportasi darat, udara, maupun transportasi laut. Namun tentu saja transportasi yang paling banyak dimanfaatkan adalah transportasi udara selain transportasi darat.

Jika menggunakan pesawat, untuk sampai di Sumatra Utara Anda harus mencari penerbangan yang tujuan akhirnya bandara Udara Internasional Minangkabau. Dari bandara Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke berbagai tempat wisata yang ada di Sumatera Barat di bawah ini menggunakan taksi atau bus atau kendaraan sewaan.

Tempat wisata di Sumatra Barat

Jam Gadang di Bukittinggi

Jika berwisata ke Sumatra Barat, berkunjung ke Bukittinggi untuk menyaksikan langsung ikon wisata kota tersebut yang berupa Jam Gadang tidak boleh Anda lewatkan. Karena jam berukuran besar yang ikonik tersebut merupakan adalah salah satu peninggalan sejarah yang legendaris.

Sebenarnya, di sana pemandangan utama tidak hanya Jam Gadang, melainkan di sekitar tempat ini juga ada banyak tempat-tempat menarik yang bisa didatangi, seperti Pasar Bukittinggi misalnya.

Kepulauan Mentawai

Mentawai adalah destinasi wisata para pencinta selancar karena disana setidaknya terdapat 400 spots surfing. Keindahan Pulau Mentawai serta ombaknya yang terkenal adalah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang menyukai objek wisata pantai, wisata bahari, dan wisata ekstrem seperti selancar.

Danau Maninjau

Wisata alam yang terkenal di Sumatra Barat yang lokasinya tidak jauh dari Bukittinggi adalah danau Maninjau. Keindahan dan pesona tempat ini sudah cukup terkenal di masyarakat sekitaran dan di telinga para traveller.

Danau Maninjau berada 36 km dari Bukittinggi. Ini adalah danau yang indah dan unik. Danau Maninjau adalah danau vulkanik yang berada di ketinggian, memiliki kedalaman maksimal hingga 495 m.

Istana Pagaruyung

Jika ingin mengenal lebih dekat budaya Sumatra Barat, jangan lewatkan berkunjung ke Istana Pagaruyung. Istana ini dikenal juga dengan nama Istano Basa dalam bahasa setempat. Lokasinya ada di Tanjung Emas Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.

Danau Singkarak

Objek wisata berupa danau lainnya yang banyak diminati oleh wisatawan di Sumatra Barat adalah Danau Singkarak yang dianggap sebagai danau terluas kedua setelah Danau Toba.

Lembah Harau

Lembah Harau merupakan destinasi wisata menakjubkan. Tempat ini terlihat sangat eksotis karena adanya tebing-tebing tinggi yang mengingatkan kita pada Grand Canyon di Amerika. Tebing tebing terjal tersebut terdiri atas batu granit yang tingginya mencapai 80 meter hingga 300 meter.

Selain pemandangan alam dan tebing yang indah, di tempat ini juga ada air terjun yang bisa dijadikan sebagai tujuan liburan bersama keluarga.

Pulau Cubadak

Pulau indah ini belakangan mulai banyak dikenal oleh wisatawan karena pemandangan alamnya yang sangat indah, lengkap dengan pantainya yang cantik serta air lautnya yang jernih.

Pulau Cubadak adalah bagian dari kecamatan Koto. Di pulau unik ini terdapat tanjung dan beberapa teluk serta akomodasi menarik seperti penginapan yang terbuat dari bahan-bahan alam berupa rotan dan daun rumbia.

Pulau Sikuai

Selain pulau Cubadak, pulau Sikuai adalah destinasi wisata favorit di Sumatra Barat. Pulau Sikuai memiliki pantai dan air laut yang jernih serta ombak yang lumayan tenang sehingga sering dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga. Air lautnya yang berombak kecil membuat kegiatan berenang atau snorkeling jadi menyenangkan. Dari kota Padang, letak Pulau Sikuai sekitar 23 km. Bisa diakses dengan menggunakan speedboat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP