7 Destinasi Wisata Populer di Kalimantan

Kalimantan yang dikenal juga dengan nama Borneo merupakan pulau terbesar ketiga di dunia yang luasnya mencapai 580.000 km2 yang dihuni oleh kurang lebih 12 juta jiwa. Pulau Kalimantan yang luas dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak membuat banyak daerah di Kalimantan terkesan tidak terlalu ramai.

Sebagian besar pulau ini terdiri atas hutan hujan. Namun di kota-kota utama seperti di Balikpapan, Samarinda, Banjarmasin, Pontianak, dan Palangkaraya, tidak jauh berbeda dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Kota-kota tersebut sudah cukup modern dilengkapi dengan berbagai fasilitas, sarana prasarana dan akomodasi.

Di Kalimantan, Ada banyak tempat wisata menarik yang tidak kalah indah dibandingkan dengan beberapa tempat wisata populer seperti di Bali, Lombok atau di Pulau Jawa.

Transportasi menuju Kalimantan

Transportasi yang bisa dimanfaatkan untuk pergi ke Kalimantan dari luar daerah diantaranya adalah pesawat dan kapal laut. 2 bandara besar di Kalimantan adalah Bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan dan Bandara Syamsudin Noor yang ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Objek wisata populer di Kalimantan

Tugu Khatulistiwa di Pontianak

Kalimantan adalah salah satu pulau di Indonesia yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Dan salah satu titik di pulau Kalimantan dimana pada tanggal-tanggal tertentu matahari tepat berada di atas kepala adalah di ibukota Kalimantan Barat, tepatnya di Pontianak.

Di sana terdapat sebuah monumen yang bernama Tugu Khatulistiwa yang menandakan bahwa di tempat tersebut pada tanggal 21 hingga 23 Maret dan pada tanggal 21 hingga 23 September matahari pada tengah hari bisa tepat berada di atas kepala sehingga benda yang ada di sekitar tugu tersebut terlihat seolah-olah tanpa bayangan.

Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin

Sejak dahulu, pasar terapung yang ada di Kalimantan Selatan terutama yang ada di Sungai Kuin adalah tujuan wisata para traveler yang ingin menikmati uniknya suasana jual beli masyarakat Banjarmasin yang dilangsungkan di atas perahu.

Pasar terapung ini memanfaatkan dukung atau perahu kecil sebagai media untuk berjualan. Selain bisa membeli barang dengan uang, di pasar tradisional ini masyarakat kadangkala masih melakukan barter untuk mendapatkan barang atau benda yang mereka inginkan.

Pasar terapung yang ada di Kalimantan Selatan hanya berlangsung beberapa jam setiap pagi. Umumnya, masyarakat yang terdiri atas ibu-ibu itu, selepas subuh akan mulai berangkat dan berkumpul di Muara Kuin hingga pukul 07.00 atau pukul 08.00.

Pulau Derawan

Di Kalimantan memang ada banyak pantai-pantai, namun seringkali pantai tersebut memiliki air laut yang tidak jernih. Namun berbeda halnya jika Anda berwisata ke kepulauan Derawan, disana terdapat pantai-pantai indah dengan pasir putih serta air laut yang jernih.

Di Pulau Derawan, selain pemandangan alam yang indah, ada banyak spot penyelaman untuk arti taman bawah laut.

Pantai Melawai di Balikpapan

Pantai Melawai tidak seperti pantai pada umumnya yang memiliki pasir dan bibir pantai. Pantai Melawai yang ada di Balikpapan merupakan destinasi wisata penduduk setempat karena lokasinya yang sangat dekat dari pusat kota.

Pantai ini sering dijadikan sebagai tempat nongkrong oleh muda-mudi Balikpapan pada sore hari untuk menyaksikan sunset. Di malam hari tempat ini tetap ramai karena ada banyak mini cafe yang menawarkan berbagai makanan dan minuman.

Pulau Kakaban

Tidak jauh dari Pulau Derawan, terdapat obyek wisata lain yang menarik yaitu Pulau Kakaban, di sini terdapat sebuah danau purba yang luasnya mencapai 5 km2. Yang unik dan menarik dari danau tersebut adalah airnya yang terasa payau karena ada rembesan air laut yang masuk. Danau ini sekaligus merupakan rumah bagi ratusan hingga ribuan ubur-ubur tanpa sengat. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa menikmati suasana dengan snorkeling atau berenang di antara ubur-ubur tersebut.

Labuhan cermin

Tempat wisata terkenal di Kalimantan Timur lainnya adalah Labuhan Cermin yang berada di daerah Biduk Biduk, Kabupaten Berau. Labuhan cermin sejak dahulu banyak dikunjungi oleh wisatawan karena tempat ini terkenal memiliki pemandangan alam yang indah, lengkap dengan danau mungil yang memiliki air sangat jernih layaknya cermin.

Keunikan Labuan cermin terletak pada airnya yang memiliki dua rasa yaitu air asin dan air tawar. Di bagian atas, airnya terasa tawar. Namun di bagian bawah apabila Anda menyelam, Anda bisa menemukan air asin.

Pulau Beras Basah

Masih di Kalimantan Timur, Pulau Beras Basah adalah destinasi wisata yang banyak di paporitkan oleh masyarakat sekitar karena lokasinya yang lebih mudah dijangkau dan memiliki tempat wisata yang menarik. Pulau Beras Basah lokasinya berada di Bontang, bisa diakses dalam waktu kurang lebih 3 jam dari pusat Kota Samarinda.

Atraksi utama tempat wisata ini adalah pantai dengan pasir putih serta air laut yang jernih. Pantai ini sering dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga karena gelombang lautnya yang lumayan tenang dan memiliki kontur pantai yang landai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP