4 Destinasi Wisata Spiritual yang Ada di Lombok

Selain memiliki pesona alam yang begitu luar biasa, ternyat di pulau ini juga banyak terdapat wisata spiritualnya, dan dari sekian banyak tempat di sana, ada 4 destinasi yang cukup terkenal. Sehingga tak heran jika tempat wisata tersebut tak pernah sepi dari pengunjung, baik itu wisatawan dari Lombok sendiri maupunj dari luar Lombok. Nah, bila anda penasaran, berikut ini kami bagikan ulasan selengkapnya.

 Lokasi Wisata Spiritual di Pulau Lombok.

  1. Makam Batu Layar

Makam Batu Layar terletak di kabupaten Lombok Barat, yang lokasinya berjarak 9 km dari kota Mataram. Masyarakat percaya bahwa makam ini dulunya pernah dijadikan tempat peristirahatan terakhir oleh seorang ulama besar, keturunan Nabi Muhammad SAW. Menurut cerita lain, makam ini merupakan makam seorang penyebar agama Islam berkebangsaan Baghdad yang bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hamdrami. Versi lain mengatakan, nama penyebar agama Islam itu yaitu Syeh Syayid Muhammad Al Bagdadi. Walaupun banyak nama yang simpang siur di kalangan masyarakat, namun masyarakat setempat yakin, mereka semua  merupakan penyebar agama Islam di Lombok yang paling berpengaruh dan berjasa. Pengunjung yang datang ke makam ini bukan hanya dari warga Lombok saja, namun banya juga di antarana yang dari luar Lombok.

  1. Makam Wali Nyatoq

Makam Wali NyatoqMakam Wali Nyatoq terletak di desa Rembitan, kecamatan Pujut, kabupaten Lombok Tengah. Untuk mencapai lokasi wisata ini anda membutuhkan jarak tempuh sekitar 49 km dari kota Mataram. Menurut cerita masyarakat setempat, Wali Nyatoq merupakan wali yang sangat melegenda dan terkenal di Lombok. Masyarakat percaya bahwa Wali Nyatoq benar-benar seorang wali utusan Allah SWT yang begitu mulia aqlaknya.

Selain itu, Wali Nyatoq juga di yakini mampu menunjukkan tanda-tanda kewaliannya, dengan selalu menunjukkan perilaku yang berbudiluhur, oleh karnanya tak heran jika masyarakat Lombok begitu menghormati beliau. Para  wisatawan yang berkunjung kesana, ada yang sekedar berziarah ataupun berdoa menurut keyakinannya masing-masing. Makam ini sangat dikeramatkan dan dijaga oleh masyarakat setempat. Nama wali Nyatoq sendiri sebenarnya berjumlah 33 nama, namun masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Sayyid Abdullah.

  1. Makam Loang Baloq

Makam Loang BaloqSalah satu tempat wisata spiritual yang paling favorit di Lombok yaitu makam Loang Baloq. Terdapat makam seorang ulama bernama Maulana Syech Gaus Abdurrazzak yang sering didatangi oleh pengunjung. Makam ini biasa didatangi oleh para wisatawan ketika musim keberangkatan jamaah haji. Biasanya wisatawan melakukan nazar atau memotong rambut balita di sana.

  1. Makam Selaparang

Makam SelaparangMakam Selaparang terletak di jalan Selaparang, Suela, kabupaten Lombok Timur. Beberapa tokoh ternama seperti Raja Selaparang, orang tua Raja Selaparang dan Patih Gajah Mada di istirahatkan di makam itu. Jejak-jejak keislaman di makam Selaparang juga dapat dibuktikan dengan tulisan huruf Arab dan huruf peralihan Jawa kuno ke huruf Bali yang berbunyi “La ilaaha Ilallah, wa Muhammadun radul, ulla, maesan gegawean dan prayuga”.

Nah, Itulah di atas 4 wisata spiritual yang dapat anda kunjungi bila berwisata ke Lombok. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP