7 Tempat Wisata yang Mudah Diakses di Kalimantan

Kalimantan dikenal sebagai pulau terbesar ketiga di dunia sehingga terasa begitu luas saat dijelajahi. Di sana ada banyak tempat wisata yang menarik. Namun sayangnya, untuk bisa sampai di berbagai objek wisata tersebut kita membutuhkan stamina ekstra dan waktu yang banyak karena berada di tempat-tempat yang sangat jauh atau sulit diakses. Beberapa diantara tempat wisata yang lokasinya lumayan jauh namun cukup populer diantaranya adalah:

Labuan cermin di Biduk Biduk Kabupaten Berau

Pulau Maratua

Objek wisata kepulauan Derawan

Pulau Kakaban, dan lain-lain.

Namun jika ingin berwisata ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh dari pusat kota seperti di Balikpapan, Banjarmasin, Samarinda, Palangkaraya atau di Pontianak, 10 tempat wisata ini bisa Anda kunjungi.

Desa Budaya Pampang

Desa Pampang ada di Samarinda dan dihuni oleh suku Dayak Kenyah. Desa ini seringkali dijadikan sebagai destinasi wisata budaya oleh para traveler yang ingin menyaksikan langsung dari dekat berbagai pertunjukan seni dan budaya khas Suku Dayak.

Di desa ini, atraksi utama yang bisa disaksikan oleh wisatawan adalah pertunjukan seni yang akan dilangsungkan setiap hari Minggu, mulai pukul 13.00 hingga pukul 15.00 WITA.

Tugu Khatulistiwa

Tempat wisata terkenal di Kalimantan yang satu ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Tugu yang berada di Kota Pontianak Kalimantan Barat ini adalah simbol garis khatulistiwa.

Pada waktu waktu tertentu, seperti pada tanggal 21 hingga tanggal 23 Maret, dan pada tanggal 21 hingga 23 september, matahari akan berada tepat di atas kepala. Sehingga siapapun yang berdiri di sekitar Tugu Khatulistiwa akan merasakan sensasi berdiri tanpa bayangan karena matahari tepat berada diatas kepala pada tengah hari.

Jadi jika ingin merasakan fenomena yang unik tersebut, Anda bisa mengatur Jadwal kunjungan agar tepat berada di tanggal-tanggal yang telah disebutkan di atas.

Pasar Intan Martapura

Di Kalimantan Selatan, tepatnya di Martapura, disana ada sebuah tempat dimana masyarakat sering mendulang intan dengan cara tradisional. Tidak jauh dari tempat masyarakat mendulang intan, ada sebuah pasar yang bernama Pasar Intan Martapura, disana dijual intan dengan berbagai kualitas dan ukuran dengan.

Pasar tersebut sudah ada sejak tahun 1950. Pasar ini setiap harinya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mencari dan membeli batu mulia tersebut.

Islamic Center Samarinda

Di Samarinda, tepatnya di pinggir sungai Mahakam terdapat bangunan yang cukup megah bernama Islamic Center Samarinda, yang dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada tahun 2008. Islamic Center tersebut berfungsi sebagai tempat ibadah (masjid) sekaligus pusat pengkajian agama Islam.

Di sini terdapat menara yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk melihat kota Samarinda dari ketinggian.

Bukit Bangkirai

Masih di Kalimantan Timur, tepatnya di kecamatan Samboja terdapat sebuah tempat wisata yang unik dan menarik berupa jembatan diatas pohon yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyaksikan keindahan alam dari ketinggian.

Tempat ini sangat menarik, menawarkan pemandangan berupa hutan hujan Kalimantan didominasi oleh pohon bangkirai. Di atas jembatan yang dihubungkan dari pohon ke pohon tersebut kita bisa menikmati suasana yang sejuk di samping bisa mengamati monyet-monyet liar yang sedang berburu makanan dan bermain.

Pasar terapung

Pasar terapung adalah destinasi wisata terkenal lainnya yang ada di Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Selatan. Pasar terapung memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan destinasi wisata lain karena objek wisata berupa pasar ini dilangsungkan di atas sungai dengan menggunakan perahu atau jukung dalam istilah setempat.

Bagi masyarakat Banjarmasin, kegiatan jual beli dengan menggunakan perahu adalah cara mereka bersosialisasi dan transaksi untuk menjual atau mencari berbagai keperluan seperti sayur-mayur, buah-buahan, dan berbagai jenis makanan.

Sedangkan bagi wisatawan, pasar terapung yang ada di Banjarmasin adalah pemandangan langka yang terasa begitu spektakuler. Selain hanya bisa menikmati dan mengamati, sebenarnya wisatawan juga bisa berinteraksi, melakukan transaksi atau bahkan membeli makanan khas Banjarmasin dan menikmatinya di atas perahu.

BOS Nyaru Menteng

Beralih ke Kalimantan Selatan tepatnya di Palangkaraya, terdapat sebuah penangkaran orang utan yang bernama BOS Nyaru Menteng. Ini adalah destinasi wisata yang menyenangkan jika Anda menyukai flora dan fauna, khususnya yang sangat khas Kalimantan seperti orangtua.

Itulah beberapa destinasi wisata terkenal di Kalimantan yang bisa Anda kunjungi jika kebetulan berada di beberapa kota-kota utama seperti yang telah disebutkan. Jika berkunjung ke Kalimantan, jangan lupa berbekal tabir surya karena cuaca di sana lumayan panas. Selain itu, jangan lupa juga membawa lotion anti nyamuk karena di Kalimantan terkenal banyak nyamuk, terutama yang berbahaya seperti nyamuk Malaria.

1 Comments

  1. Fotopedia says:

    jadi pngen kesana. Dari semua tempat yang disebutkan, baru martapura yang sudah pernah sia kunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Nike Air Max Heels Outlet Online
  • Nike Lunar Flyknit Chukka Outlet Online
  • Nike Air Max 97 Outlet Online
  • Golden Goose Italia Outlet Online
  • Nike Air Max Sandals Outlet Online

  • TOP